Selasa, April 23, 2024
spot_img
BerandaHukumWilmar Pasaribu Resmi Pimpin PWI Koordinatoriat Pengadilan dan Kejaksaan Jakarta Utara

Wilmar Pasaribu Resmi Pimpin PWI Koordinatoriat Pengadilan dan Kejaksaan Jakarta Utara

Jurnal123.com || Jakarta – Wilmar Pasaribu pimpin Koordinatorat Seksi Hukum PWI Pengadilan dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Periode 2023-2028. Pelantikan sebagai Ketua berlangsung di Kantor PWI DKI Jakarta Gedung Bank DKI Lantai 9, Jl. Suryapranoto, Jakarta Pusat, pada Jumat (15/9/2023).

Pembawa acara dipimpin Jimmy Endey selaku Sekretaris Panitia pelantikan dibuka dengan lagu Indonesia Raya serta sambutan Ketua Panitia Umi Sjarifah, dilanjutkan dengan pengukuhan dan penyerahan pataka dari Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah kepada Ketua Koordinatorat PWI Jaya Seksi Hukum Unit Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Wilmar Pasaribu.

Ketua PWI Jaya DKI Jakarta Sayid Iskandar Syah, mengatakan, PWI adalah organisasi pers yang terpercaya di Indonesia. Anggotanya terbanyak, baik dari segi jumlah maupun kompetensinya.

“Untuk menjadi anggota PWI ada banyak syarat, harus memiliki kartu kompetensinya. Dalam hal kompetensi, kita sudah mencapai sekitar 16.000 anggota. Sangat jauh posisinya dari organisasi pers lainnya,” ungkap Sayid Iskandarsyah.

Kepada para jurnalis, Sayid berujar, “Anda yang sudah mengikuti uji kompetensi berarti sudah menjalankan amanat undang-undang pers. PWI untuk PWI. Anda harus percaya diri.”

Penasihat PWI A. Ristanto, mengatakan, dulu, untuk menjadi wartawan di pengadilan kita harus diberi pedoman untuk menulis berita-berita tentang hukum. Itu cara Orde Baru mengontrol wartawan. Sekarang menghadapi era Reformasi, wartawan harus menegakkan etik jurnalistik.

“Sebagai wartawan PWI kita harus mengikuti uji kompetensi wartawan. Saya kira ini yang penting. Supaya menjadi wartawan yang benar-benar menjalankan profesi sesuai apa yang diamanatkan undang-undang. PWI punya sejarah. Itu yang membedakan PWI dengan organisasi pers lain,” ungkap Ristanto yang menjadi wartawan pada 1972.

Wakil Ketua Peradi SAI, John Panggabean, SH, MH, mengungkapkan, sejak reformasi, pintu terbuka lebar kepada wartawan. Mau dibawa ke mana negara ini dalam bidang hukum?

“Sebagai advokat, saya menghargai wartawan. Saya sudah 34 tahun jadi lawyer, saya tahu wartawan kerja keras dan banyak tantangan. Kami tidak pernah membatasi wartawan, baik dalam persidangan maupun di luar sidang,” tukas Panggabean.

Wakil Ketua Bidang Pembelaan PWI Jaya Arman Suparman, berharap dibawah kepemimpinan Wilmar Pasaribu, pengurus dan wartawan yang bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Utara maupun Kejaksaan Negeri Jakarta Utara untuk tetap profesional serta menjalankan Kode Etik Jurnalistik sesuai PD/PRT PWI.

Menurut Arman Suparman, dia dan tim akan memberikan perlindungan hukum kepada setiap anggota PWI yang menghadapi persoalan hukum terkait pemberitaan.

Kegiatan pelantikan diakhiri dengan doa oleh Mohammad Ramdhani atau yang akrab disapa Dodom.

Turut hadir sejumlah wartawan maupun undangan lainnya. Nampak Ketua Koordinatoriat Wartawan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Paulina Pasaribu didampingi Sekretaris serta Bendaharanya.***

Editor: Arifien Ferdinandus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments