Hukum

3 Terduga Teroris Ditangkap di Serang Merupakan Pengembangan Kasus Jawa Timur

Jurnal123.com – Densus 88/Antiteror terus menelusuri jejaring teroris pascapenangkapan sejumlah pelaku teror di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur dalam sepekan terakhir.

Buntutnya tiga orang terduga teroris dibekuk disebuah kios ikan di Kampung Jalumprit, RT 04 RW 01, Desa Waringin Kurung, Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang, Banten Senin (27/4/2020).

Menurut juru bicara Polri Kombes Asep Adi Saputra ketiga orang itu berinisial HS, AM, dan CM yang merupakan perkembangan penindakan beberapa terduga teroris di Surabaya dan Sidoarjo termasuk AH dan MH.
“Upaya pengembangan terus dilakukan dan terus didalami kepada seluruh terduga teroris ini. Yang mana jaringannya, masih didalami dan dilakukan upaya analisis terkait karakter dan pola pergerakan kelompok teroris ini,” kata Asep melalui saluran medsos Polri Selasa (28/4/2020).

Dari ketiga teroris Serang itu telah diamankan barang bukti berupa dua unit laptop, dua unit flashdisk, satu hardisk,
dua buah golok, tiga pisau, satu buku berjudul Imam Samudera, dua pucuk senapa angin, sebuah double stik, busur, dan anak panah.

Seperti diberitakan di Jawa Timur, Densus membekuk MH di Perumahan Bumi Sedati Indah, Sidoarjo, Jawa Timur Minggu (26/4/2020).

Sebelumnya Densus juga menangkap AH di sebuah ekspedisi di Jalan Kunti, Sidotopo, Surabaya, saat hendak mengirim senjata. AH terpapar dan tertular paham terorisme ketika dia menjalani hukuman di Lapas Madura.
Dia diketahui menbeli senjata organik itu seharga Rp 200 juta dari seorang oknum di Malang. Senjata dan amunisi mematikan itu hendak dikirim ke sebuah kota di Pulau Jawa.

Senjata itu diniatkan untuk i’dad atau melakukan persiapan sebelum kelak melangkah ke aksi teror. Dana ratusan juta yang dikuasai AH inilah yang dicurigai kebangkitan dari kelompok teror lama yang kini aktif kembali.

Reporter : Vecky Ngelo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *