Selasa, April 23, 2024
spot_img
BerandaSulawesi UtaraTomohonPemkot Tomohon Terima Hibah Tanah Dari KPK

Pemkot Tomohon Terima Hibah Tanah Dari KPK

Tomohon – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara penyerahan barang rampasan negara hasil perkara tindak pidana korupsi kepada enam instansi pemerintah. Upacara ini berlangsung di Kantor DPRD Kota Tomohon pada Kamis (7/3/2024). Enam instansi yang menerima barang rampasan tersebut antara lain Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Badan Narkotika Nasional (BNN), Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, secara simbolis menyerahkan barang rampasan kepada perwakilan dari masing-masing instansi. Nawawi menyatakan, penyerahan ini merupakan bagian dari upaya pemulihan aset negara sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, yang kemudian dikuatkan dalam Rencana Strategis (Renstra) KPK Tahun 2020-2024. Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk tidak terlibat dalam korupsi.

Dalam acara tersebut, terdapat tiga Kementerian/Lembaga yang mendapat barang rampasan negara melalui mekanisme PSP, yaitu Kemenkeu, BP2MI, dan BNN. Sementara itu, tiga Pemerintah Daerah, termasuk Pemkot Tomohon, Pemkab Kediri, dan Pemkab Tulungagung, menerima aset sitaan melalui hibah. Nawawi menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya seremonial, tetapi juga membawa manfaat bagi lembaga negara dan Pemerintah Daerah serta memperkuat sinergitas dalam pemberantasan korupsi.

Khusus untuk Kota Tomohon, Walikota Caroll Senduk menerima hibah berupa dua bidang tanah di Kelurahan Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, dengan total luas 1.440 M2 dan 5.250 M2 serta nilai mencapai Rp1.207.092.000. Walikota Senduk mengapresiasi PSP Hibah ini karena berpotensi besar untuk memajukan Kota Tomohon serta memperkuat kerjasama dengan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments