Sputnik V, Vaksin Covid-19 ‘Ajaib’ Rusia yang Tiba-tiba Ada

Jurnal123.com – Beberapa hari ini publik dihebohkan dengan vaksin Covid-19 yang datang dari Rusia. Vaksin Covid-19 pertama di dunia ini diperkenalkan langsung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Vaksin ini diberi nama ‘Sputnik V’.

Vaksin dikembangkan Gamaleya Research Institute dan Kementerian Pertahanan Rusia.

Sputnik V adalah vektor virus. Di mana menggunakan virus lain untuk membawa DNA respons imun yang dibutuhkan ke dalam sel.

Ia mirip dengan vaksin yang dikembangkan CanSino asal China. Vaksin CanSino masih dalam uji klinis lanjutan.

“Kami tengah memperhitungkan untuk mulai memproduksi massal pada September,” kata Menteri Perindustrian Rusia Denis Manturov dalam sebuah wawancara.
“Volume produksi akan beberapa ratus ribu per bulan, dengan peningkatan menjadi beberapa juta pada awal tahun depan.”

Otoritas Rusia mengungkapkan pekerja medis, guru, dan masyarakat dari kelompok berisiko akan mendapatkan vaksinasi pertama. Namun banyak ilmuan yang skeptis terkait keputusan Rusia yang mendaftarkan vaksin karena belum masuk ke uji klinis ke- III.

Tahapan ini adalah proses terakhir pengujian keamanan vaksin, melibatkan ribuan orang dan banyak orang. Kepala dari Pendanaan Investasi Langsung Rusia Kirill Dmitriev, uji coba tahap III baru akan dimulai Rabu (12/8/2020).

Kendati demikian ada 20 negara dikatakan sudah melakukan pemesanan awal vaksin, dengan jumlah miliaran dosis, seperti Filipina dan Vietnam.

Vaksin ini rencananya akan diluncurkan massal sekitar dua minggu ke depan.(BIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *