Jumat, April 19, 2024
spot_img
BerandaPendidikanMenhan Prabowo Inspeksi Kesiapan Unhan Buka Fakultas dan Prodi Baru

Menhan Prabowo Inspeksi Kesiapan Unhan Buka Fakultas dan Prodi Baru

Jurnal123.com – Universitas Pertahanan (Unhan) menerima kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, di Kampus Sentul, Rabu 13 Mei 2020.

Kunjungan tersebut untuk memeriksa sejauh mana kesiapan pembukaan 4 fakultas baru dan 10 program studi (Prodi) S1 baru.

Kedatangan Prabowo disambut secara resmi oleh Rektor Unhan Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian bersama  para Wakil Rektor, para Dekan, dan seluruh pejabat eselon 1 dan 2 Unhan. Sedangkan Prabowo didampingi Sekjen Kemhan Marsekal Muda TNI Donny Ermawan beserta beberapa staf Direktorat Jenderal Kemhan.

Di lokasi, Prabowo menerima paparan kesiapan pembukaan fakultas dan 10 Prodi S1 baru yang disampaikan langsung oleh Amarulla Octavian.

Kesiapan itu meliputi kelengkapan proses administrasi, proses rekrutmen dosen baru, proses penerimaan dan seleksi mahasiswa baru, serta cetak biru pembangunan RS Pendidikan Unhan dan beberapa laboratorium.

Secara administrasi, Unhan telah menjalani tahapan-tahapan penting untuk memenuhi berbagai persyaratan teknis dari Kemendikbud sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bahkan, MOU dan Perjanjian Kerja Sama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri telah ditandatangani Rektor Unhan bersama dengan Rektor IPB, Rektor ITS, Rektor UI, dan Rektor Unair. Kerja sama tersebut ditujukan untuk membantu Unhan menyusun kurikulum baru, bahan ajar baru, standarisasi laboratorium dan kelengkapan perkuliahan lainnya.

Ada pun proses penerimaan mahasiswa S1 baru melalui website Unhan telah berjalan sejak 1 Mei 2020 dan hingga siang ini. Tercatat 45.768 yang sudah registrasi dan 5.497 pendaftar yang berkasnya siap diverifikasi.

Prabowo senang dengan antusiasme calon mahasiswa baru dari seluruh penjuru Tanah Air tetap tinggi sekali meskipun persyaratan akademik yang diminta di atas rata-rata nasional dengan IQ 120 ke atas. Prabowo bahkan sempat menyaksikan proses seleksi mahasiswa baru S2 dan S3 yang dilakukan secara online.

Demi Kelangsungan Operasional
Prabowo beserta rombongan juga meninjau kesiapan ruangan-ruangan kelas Prodi S1 yang baru berikut sarana prasarana pendukung pendidikan lainnya. Prabowo sempat memberikan arahan teknis pembangunan RS Pendidikan Unhan yang juga harus memiliki pusat keunggulan.

Kepada Amarulla dan sivitas akademi Unhan, Prabowo  berpesan agar menepati jadwal pembukaan fakultas dan Prodi S1 baru pada 8 Agustus 2020. Banyak kalangan menilai bahwa kebijakan Prabowo tersebut benar-benar menjawab kebutuhan nasional sekaligus meningkatkan SDM unggulan di Indonesia selaras dengan visi Presiden Jokowi.(ROL)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments