Jumat, April 19, 2024
spot_img
BerandaPendidikanPohon Apel Inspirasi Isaac Newton

Pohon Apel Inspirasi Isaac Newton

Pohon apel inspirasi Isaac Newton menemukan teori gravitasi. (Flick/Dun.can)
Pohon apel inspirasi Isaac Newton menemukan teori gravitasi. (Flick/Dun.can)

JURNAL123, LINCOLNSHIRE
Sir Isaac Newton terkenal akan teori gravitasi. Dia mengungkapkan teori tersebut setelahb terinspirasi dari buah apel yang jatuh di kepalanya.

“Kala itu, pada 1666, Newton sedang duduk di bawah pohon apel saat memikirkan gravitasi. Lalu sebuah apel jatuh di kepalanya,” tulis John Conduitt, asisten Newton di Royal Mint yang juga suami dari keponakannya, seperti dikutip dari laman Amusing Planet, Senin, 20 November 2017.

Pada tahun teori gravitasi diungkapkan, Newton tinggal di Woolsthorpe Manor di Lincolnshire. Daerah ini merupakan tempat tinggal keluarga Ibu Newton. Dia kembali ke sini saat Universitas Cambridge ditutup sementara karena wabah. Di desa ini pulalah Newton menemukan teori gravitasi. Dia juga melakukan beberapa eksperimen, seperti cahaya dan optik.

Pohon apel yang pernah menjadi inspirasi Newton itu ternyata masih berdiri hingga sekarang. Sejak 1750, pohon ini terus dipelihara keturunan keluarga Woolerton. Pohon ini sempat tumbang karena badai pada 1816. Beruntungnya berhasil ditanam kembali. Kini, pohon tersebut dirawat oleh Badan Pemelihara Cagar Budaya Inggris.(TEM)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments