Sabtu, Mei 25, 2024
spot_img
BerandaHukumRayakan HUT KE-70, IKAHI Kokohkan Tekad Wujudkan Hakim Berintegritas Guna Meraih Kepercayaan...

Rayakan HUT KE-70, IKAHI Kokohkan Tekad Wujudkan Hakim Berintegritas Guna Meraih Kepercayaan Publik

Jurnal123.com || Jakarta – IKAHI merayakan puncak hari ulang tahun yang ke-70. IKAHI merupakan organisasi profesi hakim pada empat lingkungan peradilan, meliputi peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara termasuk pengadilan pajak.

IKAHI lahir pada tanggal 20 Maret 1953. Seiiring terjadi beberapa kasus dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum hakim dan aparatur peradilan yang ada di Mahkamah Agung, pada hari ulang tahun yang ke-70, IKAHI mengusung tema “Bersama IKAHI wujudkan hakim berintegritas, raih kepercayaan publik”.

Ketua Panitia HUT ke-70 IKAHI, Brigjen TNI (Purn) Hidayat Manao, S.H., M.H., dalam laporannya menyampaikan peringatan HUT kali ini diisi sejumlah rangkaian acara meliputi donor darah, bakti sosial (sunatan masal dan pengobatan gratis), ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, lomba karya tulis ilmiah dan lomba foto IKAHI, kemudian puncaknya pada hari ini dilaksanakan acara serimonial peringatan HUT IKAHI, talkshow nasional, dan seminar internasional, ungkap beliau.

Kegiatan HUT ke-70 IKAHI di Banjarmasin

Ketua Umum PP IKAHI, Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema HUT IKAHI kali ini dipilih tidak terlepas dari permasalahan integritas yang terjadi. Melalui tema ini, IKAHI memberikan pesan bahwa integritas merupakan elan vital yang harus selalu dipegang teguh oleh hakim dan aparatur peradilan dimanapun, tegas beliau.

Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., menyampaian bahwa IKAHI merupakan organisasi perjuangan hakim Indonesia. Selama ini IKAHI sudah menunjukkan eksistensinya, baik dalam memperjuangkan kemandirian badan peradilan dan kesejahteraan hakim, maupun melakukan kegiatan bhakti sosial, karena IKAHI sebagai organisasi profesi hakim bukan hanya dekat dengan institusi badan peradilan namun juga eksis dalam kehidupan sosial, ungkap beliau.

Acara talkshow nasional diisi oleh narasumber, Mahfud MD, Menkopolhukam RI, Mukti Fajar Nur Dewata, Ketua Komisi Yudisial RI, Bagir Manan, Ketua MA RI periode 2001-2008, dan Rocky Gerung, civil society/akademisi, serta dimoderatori oleh Indriyanto Seno Aji, Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi.

Adapun seminar internasional diisi oleh narasumber nasional dan internasional, meliputi The Hon James Leslie Bain ALLSOP AC, Chief Justice of Federal Court of Australia, I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H., Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung, Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LL.M., Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI, Aedit Abdullah, Justice of Singapure Supreme Court, dan Scott A. Atkins, President INSOL International, serta dimoderatori oleh Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.H.

Acara donor darah telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 1 Maret 2023, bakti sosial pada tanggal 8 Maret 2023, ziarah dan tabur bunga pada 17 Maret 2023, lomba karya tulis ilmiah dan lomba foto IKAHI yang pemenangnya akan diumumkan pada saat acara seremonial puncak HUT IKAHI hari ini.***

Sumber : Seksi Humas, Publikasi, dan IT HUT ke-70 IKAHI).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments