Jumat, Februari 3, 2023
spot_imgspot_img
BerandaBudayaPerayaan Natal dan Tahun Baru BMS Digelar di All Sedayu Hotel Jakarta

Perayaan Natal dan Tahun Baru BMS Digelar di All Sedayu Hotel Jakarta

Jurnal123.com || Jakarta – Ibadah perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 oleh masyarakat anaksuku Bantik yang tergabung dalam Bantik Masuinsau Sasengkoang (BMS) atau Bantik Bersatu Perantauan, yang dilaksanakan di All Sedayu Hotel, MOI Kelapa Gading, Minggu 22 Januari 2023, berlangsung khusyuk dan sukacita.

Pembawa Firman Pdt. Jeffry Manopo membawakan khotbah natal dengan mengangkat tema dari PGI/KWI “Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain”. 3 orang majus menjadi teladan bagi kita semua dalam mencari Tuhan Yang Mahakuasa, ribuan kilometer ditempuh utk berjumpa dan menyembah Bayi Yesus, Sang Juruselamat, Tuhan kita, demikian Pdt. Jeffry keteladanan orang majus patut kita contohi.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPP Bantik Masuinsau Sasengkoang (BMS) Juvani Mongan menyampaikan makna tema natal bagi Tou Bantik perantauan adalah kembali melihat keberadaan dan peduli terhadap kampung halaman yakni 11 negri/kampung Bantik di Sulawesi Utara. Bahwa adat istiadat kearifan lokal perlu terus dijaga dan dilestarikan namun tetap mendukung pembangunan asalkan menghormati budaya adat istiadat masyarakat adat demikian ketua umum BMS Juvani.

Ditambahkan oleh Ketua Dewan Pembina DPP BMS W. Donald R. Pokatong bahwa Bantik merupakan salah satu dari 9 anaksuku/pakasaan Minahasa. Dan juga menegaskan bahwa setiap pembangunan daerah perlu ada keseimbangan antara pembangunan fisik dengan kearifan lokal adat istiadat, sosio-budaya dan lingkungan dalam masyarakat adat.

Malam kebersamaan ini semakin semarak dan akrab dengan kehadiran Ibu Angelica Tengker Ketua Umum DPP KKK yg didampingi oleh Sekretaris Jenderal dr. Roy Massie. Ibu Ika dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan warga Bantik perantauan atas telah bersatunya KKK yg terus melayani dan menjadi wadah bagi tou dan organiasi kawanua perantauan dimana saja dan mendorong Tou Bantik utk tetap menjaga dan melestarikan adat budayanya sebagai identitas dan jatidiri. Demikian juga, ada keunikan dari masing masing 9 anaksuku/pakasaan Minahasa yg perlu terus dijaga, dihargai dan dilestarikan sebagai identitas dan jatidiri dalam keminahasaan demikian Ketum KKK.

Panitia melalu Ketua Panitia N. Hendra Sumual menyampaikan terima kasih setulus tulusnya atas kehadiran warga Bantik, tamu undangan dan terlebih lagi Pimpinan DPP KKK yang telah bersama sama menyemarakkan acara ini yg ditutup dengan ramah tamah penuh keakraban.(*/drp)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments