Rabu, September 28, 2022
spot_img
BerandaSulawesi UtaraTomohonLomba Kabasaran di Tomohon Expo, Woloan Tiga Raih Juara

Lomba Kabasaran di Tomohon Expo, Woloan Tiga Raih Juara

Tomohon – Pelaksanaan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2022, pada Hari ke-3 dengan agenda Festival Seni Budaya, yakni lomba tarian kabasaran tingkat Kelurahan Kota Tomohon.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Olah-Raga (GOR) Babe Palar Tomohon. Rabu (10/08/2022), diikuti dari 44 Kelurahan se-Kota Tomohon dwngan para peaerta yang turut memeriahkan kegiatan ini, sebanyak 21 yang mndaftar dan trsisisa yg berkompetisi 17 kelompok tarian kabasaran, sementara 4 peserta dintatakan WO.

Wali kota Tomohon Caroll J A Senduk, SH, saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan ini, mengatakan dalam rangka TIFF 2022, dirangkaikan swni budaya, melalui tari Kabasaran, merupakan pelestarian yang harus dilestarikan, karena memiliki nilai historis bagi masyarakat sub etnis Minahasa, yang asal muasal keaslian masyarakat Kota Tomohon. Ujar Walikota Senduk.

Dijelaskan Walikota Senduk, seni budaya Kabasaran memiliki ciri khas dan menjadi aset penting bagi masa depan pengembangan pariwisata di Kota Tomohon, sebagai daya pikat mendatangkan wisatawan di Kota Tomohon.

Akan hal ini, menurut Senduk, perlu dilestarikan dan ditumbuh kembangkan pada generasi muda sebagai salah satu dan wujud kekayaan Bangsa Indonesia.

Sementara, Ketua Umum (Ketum) Panitia TIFF 2022, Vonny Pangemanan saat menghadiri lomba ini,mengatakan selamat datang kepada 21 kelurahan yang ikut berpartisipasi pada lomba kabasaran ini.

Lanjut Pangemanan, Lomba kabasaran ini dilaksanakan, setelah TIFF ini, sebagai agenda dari Kementetian Pariwisata, dan ini iven tahunan.

“Iven ini bukan hanya sekedar parade bunga namun iven ini juga sebagai panggung kebudayaan dalam rangka mempromosikan pariwisata Kota Tomohon”. UjarPangemanan.

Diyakininya, kebudayaan di Kota Tomohon pasti akan maju jika terus digelar kegiatan serupa ini. Tutur Pangemanan.

Kegiatan ini yang dihadiri, juga Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk – Karundeng, para tamu/wisatawan serta masyarakat Tomohon ini, ditambahkan Pangemanan, melalui lomba kabasaran ini diharpkan menciptakan magnet untuk pariwisata di Kota Tomohon. Terang Pangemanan.

Adapun lomba tarian kabasaran ini, sebagai juara, yakni Juara 1 (Pertama)dari Kelurahan Woloan 3, untuk juara 2 (Dua), diraih Kelurahan Wailan dan juara 3 (Tiga), diraih oleh peserta/Kelurahan Kamasi.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments