Sabtu, April 20, 2024
spot_img
BerandaAdvetorialWawali Wenny Lumentut Menjadi Inspektur Upacara Harkitnas 2022

Wawali Wenny Lumentut Menjadi Inspektur Upacara Harkitnas 2022

Tomohon – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE bertindak Inspektur Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 di Kota Tomohon, (20/5/2022) di Halaman Mall Pelayanan Publik (MPP) Wale Kabasaran Tomohon.

Kesempatan itu, Wawali Wenny membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan bagi Bangsa Indonesia bisa bangkit bersama dari Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja, namun memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, perlu ditelaah sisi historis. Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia,” ujar Wenny.

Disampaikan, Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan yang didirikan oleh DR Sutomo beserta para Mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908.

“Organisasi ini menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang
bersifat kedaerahan, menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” jelasnya.

Hadir pada upacara ini, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Danramil Tomohon Kaptren Infantri Juris Sahese, Kapolres Tomohon yang diwakili Kasat Binmas Polres Tomohon AKP Arie Hasan dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(Rommy)

 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments