Kamis, Mei 26, 2022
spot_img
BerandaEkonomiInilah 10 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes

Inilah 10 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes

 

Editor: Maurits Albert

Jurnal123.com || Jakarta – Majalah ekonomi dan bisnis asal Amerika Serikat, Forbes, kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Di peringkat teratas masih ada nama Hartono bersaudara, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Budi Hartono.

Nama-nama lainnya yang menghuni 10 besar orang terkaya di Indonesia 2021 antara lain Anthony Salim, Prajogo Pangestu, hingga Chairul Tanjung. Tak ketinggalan, pemilik Sinar Mas Group yaitu Keluarga Widjaja juga termasuk dalam 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021.

Seperti dilansir laman Forbes, Rabu (15/12/2021), berikut ini daftar orang terkaya di Indonesia tahun versi Forbes 2021:

1. Hartono Bersaudara

Hartono bersaudara masih belum tergoyahkan dari peringkat pertama orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan bersih Robert Hartono dan Michael Hartono mencapai 42,6 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 611,4 triliun.

Sumber kekayaan keduanya berasal dari lini bisnisnya di berbagai sektor. Di antaranya adalah Grup Djarum dan kepemilikan saham mayoritas di Bank Central Asia (BCA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, kekayaan mereka bisa meningkat hingga Rp 54,5 triliun berkat kenaikan saham BCA. Sektor bisnis lainnya dari keluarga Hartono adalah Polytron (elektronik) dan real estate atau properti di Jakarta.

Dengan kekayaan yang begitu besar, tidak heran kalau Robert Budi dan Michael Hartono selalu masuk daftar teratas orang terkaya di Indonesia.

2. Keluarga Widjaja

Di posisi kedua ada Keluarga Widjaja, pemilik Sinar Mas Group. Kekayaan bersih keluarga Widjaja mencapai 9,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 139,2 triliun.

Meski berada di posisi kedua, tahun ini kekayaan keluarga Widjaja tercatat mengalami penurunan sebesar 2,2 miliar dollar AS atau Rp 31,5 triliun. Selain keluarga Widjaja ada enam orang lainnya dalam daftar yang mengalami penurunan kekayaan di tahun ini.

Sinar Mas Group yang dirintis oleh mendiang Eka Tjipta Widjaja bergerak di banyak sektor bisnis. Mulai dari properti, agribisnis, telekomunikasi, hingga jasa keuangan.

3. Anthony Salim

Anthony Salim merupakan bos dari Salim Grup. Kekayaan bersih Anthony Salim di tahun ini mencapai 8,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 122 triliun. Itu menjadikannya berada di peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia tahun 2021.

Peningkatan tersebut tidak lepas dari keberhasilan investasi pada Emtek dan operator pusat data DCI Indonesia.

Beberapa lini bisnis yang berada di bawah naungan Salim Grup antara lain PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills yang bergerak di bidang makanan.

4. Sri Prakash Lohia

Di posisi keempat ada Sri Prakash Lohia. Ia merupakan bos Indorama Corp, sebuah perusahaan holding yang bergerak di bidang kimia dan tekstil.

Kekayaan Sri Prakash Lohia mengalami kenaikan sebesar 600 juta dollar AS menjadi total 6,2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 89 triliun.

Pengusaha kelahiran Kolkata, India, 11 Agustus 1952 ini hijrah ke Indonesia. Saat itu usianya masih 21 tahun. Kerja kerasnya selama puluhan tahun berhasil menjadi triliuner dan menduduki peringkat orang terkaya di Indonesia.

5. Prajogo Pangestu

Deretan orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Prajogo Pangestu. Total kekayaan bersih Prajogo Pangestu adalah 6,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 87,5 triliun.

Prajogo merupakan pemilik perusahaan energi dan petrokimia PT Barito Pacific Tbk (BRPT). Di BRPT, ayah tiga anak ini menguasai 71,64 persen saham.

BRPT merupakan pemegang saham mayoritas emiten petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), yakni menguasai 41,88 persen saham.

6. Chairul Tanjung

Di peringkat keenam ada Chairul Tanjung. Ia merupakan pemilik dari CT Corp yang membawahi beragam lini bisnis, mulai dari media hingga perbankan.

Kekayaan bersih pengusaha yang akrab disapa CT ini adalah 5,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 78 triliun.

CT memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya.

Di dunia politik, CT juga pernah ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Perekonomian di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, meski tidak lama.

Tangkapan layar situs Forbes. Chairul Tanjung dan Eddy Kusnadi orang terkaya di dunia 2021

7. Susilo Wonowidjojo

Kekayaan bersih Susilo Wonowidjojo tercatat mencapai 4,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 68,9 triliun. Susilo Wonowidjojo adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam, perusahan rokok kretek di Kediri, Jawa Timur.

Pada 2000, ia menggantikan kakaknya Rachman Halim atau Tjoa To Hing sebagai pimpinan Gudang Garam yang meninggal pada 27 Juli 2008 di Singapura.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan, yang lebih dikenal sebagai ‘Dr. Boen’ adalah pengusaha di bidang farmasi. Ia mendirikan PT Kalbe Farma yang kemudian berkembang menjadi Kalbe Group.

Di tahun 2021, tercatat, total kekayaan bersihnya mencapai 4,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 60,3 triliun.

9. Jogi Hendra Atmadja

Posisi kesembilan daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021 ditempati oleh Jogi Hendra Atmadja. Pengusaha kelahiran Jakarta tahun 1946 ini merupakan bos dari Mayora, sebuah perusahaan besar yang dengan lini bisnis utama di bidang makanan dan minuman.

Tercatat memiliki kekayaan bersih Jogi Hendra Atmadja mencapai 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 58,8 triliun.

10. Bachtiar Karim

Di posisi kesepuluh ada nama Bachtiar Karim. Pengusaha di bidang minyak sawit ini memiliki kekayaan bersih mencapai 3,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 50,2 triliun.

Bachtiar Karim beserta saudaranya dikenal sebagai pimpinan Musim Mas Group, yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO.

Ia adalah anak sulung dari empat anak Anwar Karim dan bergabung dengan usaha ayahnya sejak 1981.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments