Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaInternasionalKasus Pertama Covid-19 di Korut, Kim Jong Un Lockdown Kota Kaesong

Kasus Pertama Covid-19 di Korut, Kim Jong Un Lockdown Kota Kaesong

Jurnal123.com – Setelah cukup lama dikabarkan bahwa Korea Utara (Korut) belum terdampak pandemi Covid-19, kini tersiar kabar satu orang positif Corona. Jika orang tersebut benar-benar terinfeksi virus corona, maka ia akan menjadi pasien pertama COVID-19 di Korea Utara, demikian ditulis Kantor Berita Pusat Korea (KNCA).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menutup Kota Kaesong, wilayah yang berbatasan dengan Korea Selatan karena ada seseorang yang diduga mengalami gejala COVID-19.

Pengumuman lockdown tersebut diumumkan pada Jumat Sore lalu. KCNA menulis, kasus pertama COVID-19 tersebut dicurigai adalah pelarian ilegal dari Korea Selatan.

Dari hasil tes darah dan pernapasan, orang itu disebut telah terinfeksi virus corona. Dan orang-orang yang melakukan kontak dengan orang tersebut selama lima hari terakhir akan di karantina.

Kaesong adalah sebuah kota dengan perkiraan 200.000 penduduk. Terletak di Utara perbatasan darat, kawasan ini dijaga ketat karena berbatasan dengan Korea Selatan. “Kawasan ini pernah menjadi komplek industri Korea yang dikelola bersama, namun terhenti pada 2016 di tengah ketegangan nuklir.

Bulan lalu, Korea Utara meledakkan kantor penghubung Korea Utara di Kaesong ini untuk memprotes kampanye aktivis Korea Selatan yang mengirim selebaran anti-pyongyang melintasi perbatasan.

“Para ahli asing mengatakan wabah koronavirus di Korea Utara dapat menyebabkan konsekuensi yang mengerikan karena infrastruktur perawatan kesehatan masyarakat yang buruk dan kurangnya pasokan medis yang kronis,” tulis KCNA.

Selama pertemuan darurat Sabtu lalu, Kim juga menyatakan keadaan darurat di daerah Karesong dan menekankan sisten anti-epidemi darurat.

KCNA menambahkan, Kim Jong Un telah mengambil langkah awal untuk memutup kota Kaesong dan mengisolasi setiap wilayah sejak 24 Juli.(LIP)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments