Jumat, April 26, 2024
spot_img
BerandaTeknoFeatured PostsPrabowo: RI Harus Swasembada Pangan, Energi, dan Air

Prabowo: RI Harus Swasembada Pangan, Energi, dan Air

Jurnal123.com – Calon Presiden RI nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengajak rakyat Indonesia untuk berdiri di kaki sendiri dan mewujudkan swasembada pangan, energi, dan air.

“Kita harus swasembada pangan, beras harus tersedia, pangan harus terjangkau, dan kami yakin mampu. Kami tidak perlu lagi impor-impor lagi makanan, impor-impor itu yang akan menghancurkan kita sendiri, petani-petani kita sendiri,” kata Prabowo, saat deklarasi Relawan Rhoma Irama for Prabowo-Sandi (PAS), di markas Soneta, Jalan Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat, Minggu, 28 Oktober 2018.

Kedua, Prabowo mengatakan Indonesia harus swasembada energi bahan bakar. Menurutnya, bahan bakar yang tersedia adalah hasil impor yang akan menggerus keuangan negara.

“Hari ini kita impor lebih dari 1 juta barel lebih setiap hari. Kalau sekarang harga BBM 80 dolar AS per barel, dan diperkirakan akan naik. Berarti 80 juta dolar AS lebih dalam sepuluh hari, dan setiap bulan mencapai 3 miliar dolar AS lebih,” ujarnya.

Menurut mantan Danjen Kopassus itu, Indonesia yang dianugerahi lahan subur yang begitu luas seharusnya bisa dimanfaatkan dengan menanam jenis tanaman yang bisa menghasilkan energi bahan bakar.

“Bayangkan, dan kita kirim keluar terus (tapi tetap impor). Kita akan swasembada energi, kita tidak akan impor jika mendapatkan mandat dari rakyat. Kita punya 80 juta hektare yang sudah rusak. Kita akan tanam yang bisa menghasilkan bahan bakar, dari singkong, aren, jarak,” ujarnya.
“Bayangkan kalau hutan yang rusak kita tanam singkong, aren dan jarak yang bisa dikonversi menjadi ethanol, kita tidak usah impor. Dan kalau kita tanam 20 juta hektare itu berapa orang yang dapat bekerja,” kata Prabowo.

Terakhir, Prabowo menyatakan Indonesia harus swasembada air. Ironisnya air bersih dari tanah Indonesia harus dibeli oleh rakyatnya sendiri.
“Swasembada air, jangan anggap enteng. Saya baru bertemu pakar-pakar air terbaik dunia, PBB mengatakan 2025 dunia akan krisis air. Di Ibu Kota kita sendiri sudah banyak masyarakat yang beli air untuk kebutuhannya,” ujarnya.(ROL)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments