Wamen ATR/Waka BPN Salurkan Bantuan Peduli Bencana Sekaligus Tinjau Lokasi Longsor di Sumedang

Jurnal123.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan membentuk program ATR/BPN Peduli Bencana dan mengumpulkan bantuan yang diberikan langsung kepada korban bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Sumedang tepatnya di Desa Cihanjuang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada beberapa hari lalu menambah duka bangsa Indonesia, pasalnya, tidak sedikit yang menjadi korban dalam kejadian ini. Dengan musibah yang menimpa bangsa ini, tentunya menyadarkan seluruh bangsa untuk saling peduli, gotong royong, bahu-membahu, sesuai dengan jati diri bangsa.

Hal ini ditunjukkan juga oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan membentuk program ATR/BPN Peduli Bencana. Bantuan yang terkumpul dari kepedulian seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, diberikan secara langsung oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra yang juga berkesempatan meninjau kondisi terkini pengungsi korban bencana longsor di SMA Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Selasa, (19/01/2021).
“Saya menyampaikan salam dari Pak Menteri untuk Bapak Ibu di sini, kami turut prihatin atas kejadian yang menimpa warga Sumedang,” ujar Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra kepada warga terdampak longsor saat mengunjungi dan melakukan ramah tamah di pengungsian yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Kedatangan Wamen ATR/Waka BPN di lokasi pengungsian korban bencana longsor ini, diikuti dengan penyerahan bantuan dari Kementerian ATR/BPN dari program ATR/BPN Peduli Bencana yang diserahkan secara langsung kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman.
“Semoga dengan bantuan ini bisa membantu masyarakat terdampak longsor untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sampai tempat relokasi bisa ditempati dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujar Surya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepedulian pemerintah pusat, khususnya Kementerian ATR/BPN yang telah membantu korban bencana longsor. “Terima kasih kepada Pak Wamen dan seluruh jajaran yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap warga kami, semoga bantuan yang kami terima dapat kami manfaatkan sebaik-baiknya,” tutur Herman Suryatman.

Ungkapan terima kasih juga dihaturkan oleh Endang, salah seorang penerima bantuan yang menjadi korban dari bencana longsor. “Kami berterima kasih atas kepedulian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Demi kebaikan bersama juga, kami sangat mengikuti anjuran pemerintah terkait dengan tempat relokasi karena setidaknya pemerintah yang tahu betul mengenai zona aman di Kabupaten Sumedang ini,” ucap Endang.

Kepedulian terhadap korban longsor sebelumnya juga ditunjukkan oleh jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Sumedang, yang menyerahkan bantuan berupa sembako, peralatan tidur dan juga air bersih serta air mineral yang memang sangat dibutuhkan oleh warga terdampak saat ini. (LS/RH/RK)

Editor: Christy Alma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *