Kamis, April 25, 2024
spot_img
BerandaEkonomiInalum Gabung, Vale Angkat 5 Pimpinan Baru

Inalum Gabung, Vale Angkat 5 Pimpinan Baru

Jurnal123.com – Bakal bergabungnya MIND ID membuag INCO merombak susunan direksi. PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kedatangan satu direktur dan empat komisaris baru setelah ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan pada Senin (7/9/2020).

Penambahan lima sosok baru ini berkenaan dengan akan masuknya PT Inalum (Persero) atau kini dikenal dengan nama Mining Industry Indonesia (MIND ID) sebagai pemegang saham perusahaan.

Direktur Utama Vale Indonesia Nicolas D. Kanter dalam keterangannya mengatakan pemegang saham menyetujui pengangkatan Adriansyah Chaniago sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan yang baru untuk periode tiga tahun mendatang.

Pengangkatan ini efektif pada saat penyelesaian atas jual beli saham antara pemegang saham pengendali dan pemegang saham utama dengan calon pembeli sehubungan dengan kewajiban divestasi 20% saham Perseroan, sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan 2024.
“Ada penambahan satu komisaris independen di jajaran komisaris. Ini bertambah karena ada penambahan komisaris dari Inalum, calon pemegang saham Vale,” kata Nicolas dalam konferensi pers virtual, Senin (7/9/2020).

Adapun direktur baru di perusahaan ini yaitu Adriansyah Chaniago, sebelumnya merupakan komisaris independen dan ketua komite audit PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Sejak Juli 2020, beliau merupakan Komisaris PT Samudra Energy.

Berikut komposisi jajaran direksi Vale sejak tanggal efektif pengangkatan:

Presiden Direktur : Nicolas D. Kanter
Wakil Presiden Direktur : Adriansyah Chaniago
Direktur : Febriany Eddy
Direktur : Bernardus Irmanto
Direktur : Dani Widjaja
Direktur : Agus Superiadi
Direktur : Vinicius Mendes Ferreira
Bersamaan dengan itu juga dilakukan pengangkatan Ogi Prastomiyono sebagai Wakil Presiden Komisaris yang baru, Rizal Sukma dan Alexandre Silva D’Ambrosio masing-masing sebagai Komisaris, dan Dwia Aries Tina Pulubuhu sebagai Komisaris Independen.

Berikut jajaran komisaris baru Vale:

Presiden Komisaris : Mark James Travers
Wakil Presiden Komisaris : Ogi Prastomiyono
Komisaris : Luiz Fernando Landeiro
Komisaris : Cory McPhee
Komisaris : Nobuhiro Matsumoto
Komisaris : Rizal Sukma
Komisaris : Alexandre Silva D’Ambrosio
Komisaris Independen : Raden Sukhyar
Komisaris Independen : Rudiantara
Komisaris Independen : Dwia Aries Tina Pulubuhu

Pada Juni lalu pemerintah Indonesia secara resmi meneken kesepakatan untuk mengambil 20% saham Vale Indonesia melalui induk BUMN Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) atau PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Pembelian saham ini merupakan divestasi dari para pemegang saham mayoritas Vale Indonesia lainnya, yakni Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM). Dalam penjualan 20% saham ini, VCL akan melepas 14,9% saham dan SMM sebesar 5,1% pada harga Rp 2.780 per unit.
Setelah selesainya transaksi, kepemilikan saham di Vale Indonesia akan berubah menjadi VCL 44,3%, MIND ID 20%, SMM 15%, dan publik 20,7%. Transaksi penjualan ini ditargetkan akan selesai pada akhir 2020. Harga beli divestasi saham itu senilai Rp 5,52 triliun di harga Rp 2.870/saham.(BIN)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments