Zona Merah di Jatim Berkurang, Kalsel Meningkat

Jurnal123.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19┬ámencatat perubahan zonasi risiko wilayah Covid-19 berdasarkan hasil analisis terbaru per tanggal 9 Agustus. Dari hasil analisis tersebut, tercatat zona merah di Jawa Timur mengalami penurunan, sementara ada kenaikan di wilayah Kalimantan Selatan.

Pada pekan sebelumnya, Satgas mencatat enam daerah di Jatim berada di zona merah, yakni Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Gresik, Kota Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Sidoarjo.

Sementara pekan ini, Kota Malang, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Jember berpindah posisi menjadi zona oranye, menyusul Kota Surabaya yang telah menjadi zona oranye sejak pekan kemarin.

Namun, Kota Mojokerto kini masuk menjadi zona merah. Total pekan ini, ada empat daerah di Jatim berada di zona merah yakni, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Mojokerto.

Berbeda dengan Jawa Timur, Provinsi Kalimantan Selatan justru menunjukkan peningkatan zona merah pada pekan ini. Pada pekan lalu, tercatat empat kabupaten/kota di Kalsel masuk ke dalam zona merah, yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Tabalong.

Pada data terbaru pekan ini, tercatat enam kabupaten kota di Kalsel berada dalam zona merah, yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kota Baru, Kabupaten Kuala, dan Kota Banjarmasin.
Dua daerah yang sebelumnya berada di zona merah seperti Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalong pekan ini berada di zona oranye.

Jumlah kasus konfirmasi positif di Jatim menurut data Satgas 12 Agustus bertambah 303 kasus sehingga kasus akumulatif berjumlah 26.220, dari jumlah itu tercatat 19.125 sembuh, dan 1.931 kasus meninggal.

Sedangkan, di Kalimantan Selatan tercatat tambahan kasus 53 hingga jumlah kasus akumulatif 6.889 kasus. Sebanyak 4.222 diantaranya sembuh dan 310 meninggal dunia.(CIN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *