Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaPendidikanWajib Belajar 9 Tahun Jadi Acuan Pemkot Surabaya Hilangkan Perbedaan Sekolah Negeri...

Wajib Belajar 9 Tahun Jadi Acuan Pemkot Surabaya Hilangkan Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta

Jurnal123.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya untuk menghilangkan kesan dan anggapan ada perbedaan antara sekolah negeri dan swasta. Stigma semacam itu akan terus dihilangkan di tengah-tengah masyarakat. Pemkot Surabaya pun telah menyiapkan berbagai strateginya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, semua harus sepakat pendidikan 9 tahun itu wajib. Oleh karena itu, pemkot berkomitmen untuk tidak membeda-bedakan antara sekolah negeri dan swasta. Sebab, kalau hanya mengandalkan negeri saja tidak cukup.

“Ketika masuk swasta, maka infrastrukturnya juga harus sama, termasuk laboratorium dan sebagainya harus sama, sehingga kita akan support betul ke depannya, dengan catatan sekolah swasta itu harus menaikkan gradenya,” kata Eri, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, ditulis Selasa (25/8/2020).

Untuk sekolah swasta menaikkan grade-nya, Eri menuturkan, harus disepakati rombongan belajar (rombel) setiap sekolah negeri dan swasta sebanyak 32 siswa, dengan maksimal masing-masing kelas 11 kelas. Artinya, kelas 1 ada 11 kelas, kelas 2 ada 11 kelas dan kelas 3 ada 11 kelas juga.

Oleh karena itu, bagi sekolah yang rombelnya di atas 32 siswa, pemkot pun terus mencarikan solusi. Salah satunya dengan menambah kelas lagi.

Penambahan kelas itu bukan untuk menerima siswa baru, melainkan untuk menampung siswa yang lebih dari rombel tersebut. Misalnya sudah ada sekolah yang menerima rombel 40 siswa, 8 siswa di rombel tersebut harus pindah ke kelas yang baru dibangun.
“Kemarinnya kita sudah hitung-hitungan dengan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dan pihak guru, jika siswanya sampai 40 orang, guru merasa agak kesulitan untuk menguasai muridnya, sehingga rombel 32 itu sudah cukup,” kata dia.

Selain itu, mulai 2019, Pemkot Surabaya sudah menghitung Bopda itu berdasarkan rombel, bukan per kepala lagi. Makanya, dia berharap kebijakan ini akan bisa menyelesaikan masalah dan nantinya tidak ada perbedaan lagi antara sekolah negeri dan swasta.(WIN)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments