Kamis, April 18, 2024
spot_img
BerandaTeknoFeatured PostsPolisi Ringkus 3 Orang Pemasok Senjata KKSB Papua di Manado

Polisi Ringkus 3 Orang Pemasok Senjata KKSB Papua di Manado

Jurnal123.com – Pemasok senjata yang diperoleh dari luar negeri, akhirnya berhasil diringkus aparat kepolisian.

Satgas Gakkum Ops Nemangkawi 2020 berhasil pelaku pemasok senjata beserta amunisi dari Filipina kepada Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Papua dan Papua Barat. Total ada 3 orang pelaku yang diamankan dalam kasus ini.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, ketiga pelaku yang ditangkap yakni Jedo Indouw, 26; Fandy Richy Kasiaha, 34; dan Rati Iba, 22. Ketiganya diketahui berdomisili di Manado, Sulawesi Utara.
“Pelaku berinisial JI diamankan pada Jumat pagi (20/3) sekira pukul 04.50 WIT usai turun dari Kapal Labobar di Pelabuhan Manokwari,” kata Argo, Kamis (26/3/2020).

Barang bukti yang berhasil diamankan kepolisian.

Argo menuturkan, penangkapan kepada Jedo Indouw dilakukan usai petugas membuntutinya cukup lama. Setelah dikantongi bukti-bukti yang cukup, dia pun langsung ditangkap.
“Pelaku merupakan target operasi Satgas Nemangkawi yang telah dipantau selama 27 hari atau semenjak ia berangkat dari Kota Timika, Papua menuju ke Manado,” jelasnya.

Tiga hari berselang, Satgas kemudian mengamankan Fandy Richy Kasiaha di kediamannya di Kelurahan Bailang Lingk 3, Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Di hari yang sama, tersangka Rati Iba juga ditangkap di Kecamatan Wanea, Kota Manado.

Saat menangkap Rati Iba, polisi mengamankan 1 pucuk senpi dan 1 butir amunisi 9 mm yang disimpan dengan bungkus lakban hitam. Kemudian diamankan 8 unit telepon genggam berbagai jenis dan 1 buah buku tabungan bank atas nama Rati Iba beserta kartu ATM.

Sedangkan dari tersangka Jedo Indouw polisi mengamankan 1 pucuk senpi US Carabin, 1 pucuk senpi 38 SCP, 1 pucuk senpi kaliber 45 Caspion, 1 pucuk Baby Uzi 9 mm.

Adapula 67 amunisi campuran dengan rincian 8,4 mm sebanyak 22 butir, amunisi cal 38 sebanyak 15 butir, amunisi cal 45 sebanyak 15 butir, dan amunisi 9 mm sebanyak 15 butir.
Saksikan video menarik berikut ini:

Reporter : Vecky Ngelo

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments