Tahun Ini MA Kembali Akan Rekrutmen Calon Hakim

Sekretaris MA AS Pudjoharsoyo (tengah) diapit Ketua MA Hatta Ali (kanan) dan Wakil Ketua MA M Syarifuddin (kiri) saat peresmian Museum MA dan fasilitas lain di Gedung MA.(Foto Jurnal123.com/Jimmy)

Jurnal123.com – Dalam Refleksi Akhir Tahun 2019 lalu, Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali sempat mengungkapkan minimnya jumlah hakim di sejumlah pengadilan di Indonesia. Kondisi tersebut membuat MA merasa perlu melakukan penambahan.

Sekretaris MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo saat dihubungi Jurnal123.com Jumat (3/1/2020) menyatakan, “Penetapan alokasi formasi untuk CPNS Calon Hakim (Cakim) diawali perencanaan terlebih dahulu dengan memasukkan melalui e-formasi suatu aplikasi yang dimiliki oleh Kemenpan untukk perencanaan Kebutuhan pegawai,” jelas Pudjoharsoyo.

Lebih lanjut mantan Ketua PN Jakarta Barat ini menjelaskan bahwa dasar penerimaan cakim adalah Peraturan Mahkamah Agung (Perma).”Untuk cakim mekanisme rekrutmen masih menggunakan dasar Perma No 2 tahun 2017 tentang Pegadaan Hakim, yaitu melalui CPNS khusus untuk cakim,” tukas Pudjoharsoyo.

Menurutnya, dengan banyaknya hakim yang telah pensiun, meninggal dunia dan berhenti dengan berbagai sebab, maka MA menganggap perlu diadakan penerimaan calon hakim.”MA sudah memasukkan ke dalam e-informasi Kemenpan sejak awal 2019 dengan mendasarkan jumlah hakim yang pensiun sampai dengan tahun 2019. Namun demikian untuk tahun 2020 pasti akan menambah jumlah lagi dari yang pernah diusulkan tahun 2019. Pada waktu itu berkisar 600 an lebih.
Sehingga diperkirakan usulan tahun 2020 akan lebih banyak lagi karena ada hakim yang meninggal atau sebab lain sehingga berhalangan tetap, berhenti atau diberhentikan,” papar mantan Ketua PN Pekanbaru.

“Saat ini MA masih konsentrasi rekrutmen CPNS tahun 2019/2020 sejumlah 2104 formasi. Insyallah akan selesai di bulan Maret 2020. Semoga dilanjut dengan rekrutmen cakim pada bulan April 2020,” sambung Pudjoharsoyo

Mantan Ketua PN Kebumen ini juga menyampaikan hasil penerimaan Cakim 2017 yang akan segera di wisuda kelulusannya.”Untuk Cakim 2017 jumlah sekitar 1500 an lebih sudah selesai pendidikan pada pertengahan desember 2019 dan saat ini mereka semua sudah kembali ke pengadilan pengadilan tempat magang untuk kemudian dikembalikan ke tempat asal sambil menunggu wisuda kelulusan Calon Hakim diperkirakan pada bulan maret 2020,” tutup Pudjoharsoyo

Menurutnya pengangkatan menjadi Hakim MA akan diusulkan kepada Presiden bulan Februari ini.

Editor : Jimmy Endey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *