Akibat Banjir Jabodetabek, Layanan Telekomunikasi Terganggu

Menkominfo Johnny G Plate

Jurnal123.com – Akibat banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berdampak pula terhadap layanan komunikasi.

Layanan operator seluler di Jabodetabek dilaporkan masih mengalami gangguan hingga Kamis (2/1/2020) hari ini. Hal itu terjadi karena PLN masih memadamkan aliran listrik di sejumlah titik di kawasan Jabodetabek.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate mengatakan, layanan telekomunikasi tersebut terganggu karena back up power (cadangan daya) yang sebelumnya disediakan operator seluler hanya bertahan beberapa jam.

Beberapa operator seluler pun dilaporkan mengalami kendala saat mengakses lokasi-lokasi BTS yang mengalami down akibat banjir.

Menurut Plate, Kominfo masih terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset.
“Sehingga (layanan) dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman,” jelasnya dalam keterangan resminya, Kamis (2/1/2020).

Hingga saat ini, beberapa operator masih mengupayakan perbaikan meski layanannya di sejumlah area masih bisa digunakan. Telkomsel melakukan distribusi mobile backup power (MBP) di beberapa titik BTS yang down.
Baca juga: Pantau dan Laporkan Banjir di Jakarta lewat Situs PetaBencana
Hal yang sama juga dilakukan operator lain. XL Axiata, Indosat Ooredo, Hutchison Tri, Smartfren, dan PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (net1), mengerahkan tim teknis untuk menyediakan genset portable.

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (1/1/2020), warganet mengeluhkan terjadinya gangguan layanan operataor seluler di Jakarta dan sekitarnya.
Gangguan yang dialami seperti sinyal yang sering hilang dan kecepatan internet yang lambat.

Akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya, PLN melakukan pemadaman arus listrik sementara pada Rabu (1/1/2020) kemarin.

PLN terpaksa memutus aliran listrik di wilayah terdampak banjir demi keselamatan masyarakat. Hingga Rabu pukul 16.00 WIB, PLN memadamkan 3.100 gardu dari 23.700 gardu yang ada di Jabodetabek.

Untuk wilayah Jawa Barat, daerah terdampak pemadaman di antaranya sebagian Bekasi, GPI, Cikarang, Bogor, dan Karawang.

Sementara, untuk wilayah Banten, dari total 14.000 gardu distribusi, sebanyak 228 gardu distribusi dipadamkan.(KOM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *