Jumat, April 19, 2024
spot_img
BerandaProfilKomjen Idham Azis Calon Kapolri Yang Hidup Sederhana

Komjen Idham Azis Calon Kapolri Yang Hidup Sederhana

Komjen Pol Idham Azis Calon Tunggal Kapolri

Jurnal123.com – Paska dilantiknya Jenderal Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri, Presiden Jokowi telah menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis menjadi calon tunggal Kapolri yang telah diusulkan ke DPR RI.

Pihak DPR sudah menerima surat presiden (surpres) terkait nama Komjen Idham Aziz yang akan menggantikan Tito Karnavian sebagai kapolri.
DPR akan menyiapkan Komisi III agar dapat dilakukan uji kelayakan atau fit and proper test terhadap Idham.
Kemudian, hasil tes kelayakan Idham akan dikirim kepada presiden. Baru setelah itu, pelantikan Idham sebagai kapolri dapat dilakukan.

Siapa Idham Azis?

Saat ini, Komjen Pol Idham Azis menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim).

Dia pernah menjadi Wakil Kepala Densus 88 hingga menangkap Pangeran Cendana, Tommy Soeharto dan menjebloskannya ke penjara.

Idham, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini sebelum menjadi Kabareskrim adalah Kapolda Metro Jaya

Ia termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat cukup cepat saat tergabung dalam tim Bareskrim, dengan prestasi melumpuhkan teroris Dr. Azahari dan kelompoknya di Batu, Jawa Timur, pada tanggal 9 November 2005. Ia mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jendral Sutanto, bersama dengan para kompatriotnya, Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, Rycko Amelza Dahniel, dan kawan-kawan

Sempat menjadi Wakil Kepala Densus 88 dimana saat itu yang menjadi Kepala Tito Karnavian, seniornya satu tingkat yang menjadi Kapolri dan saat ini Menteri Dalam Negeri. Karier Idham Azis cukup cemerlang, terutama di bidang anti terorisme.

Berapa kekayaannya?

Meski saat ini berpangkat Komisaris Jenderal, tapi isi garasi mobil pria 56 tahun ini bisa dibilang sederhana.
Dari data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Komjen Pol Idham Azis memiliki total kekayaan senilai Rp 5.513 miliar.

Pada sektor kendaraan, Komjen Pol Idham Azis tercatat hanya memiliki dua unit mobil saja, dan keduanya pun sama-sama bermerek Toyota.

Diketahui ada satu unit Toyota Innova Venturer tahun 2017 senilai Rp 380 juta dan sebuah Toyota Kijang Innova 2.4 Q A/T lansiran tahun 2016 seharga Rp 350 juta.(Vecky Ngelo)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments