Hujan Deras Guyur Jakarta dan Sekitarnya

Ilustrasi Hujan di Jakarta

Jurnal123.com – Setelah sekian lama panas terik melanda. Akhirnya hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya malam ini.

BMKG memprediksi hujan terus turun hingga pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan data BMKG, hujan mulai turun di wilayah Jakarta dan sekitarnya pukul 19.15 WIB, Selasa (8/10/2019). Hujan juga disertai kilat dan petir.

“Hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang,” ujar BMKG.

Selain di Jakarta, hujan turun di wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Depok, serta Tangerang. Akibatnya, Bendung Katulampa pun dinyatakan dalam kondisi Siaga III.

“Dari pukul 18.00 WIB, tinggi muka air 70 cm langsung ke 150 cm,” kata Koordinator Sub-unit Pelayanan Ciliwung Katulampa, Andi Sudirman, saat dimintai konfirmasi pada pukul 19.51 WIB.

Katulampa Siaga 3! Banjir Ancam Jakarta

Bendungan Katulampa Siaga 3

Status pintu air Bendung Katulampa, Bogor, siaga III akibat curah hujan. Sejumlah wilayah di DKI Jakarta yang berada di bantaran Sungai Ciliwung diimbau waspada.

Tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa mencapai 150 cm per pukul 18.30 WIB, Selasa (8/10/2019). Air diperkirakan akan tiba beberapa jam kemudian di sejumlah titik lintasan Ciliwung.

“Antisipasi wilayah, waspada untuk lintasan Sungai Ciliwung 6-9 jam ke depan air akan sampai di Srengseng Sawah, Pejaten Timur, Rawa Jati,” tulis keterangan BPBD DKI Jakarta melalui akun Twitter-nya.

Wilayah lain yang juga diminta waspada yakni Bale Kambang, Pengadegan, Cikoko, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

BPBD juga telah melakukan sejumlah langkah terkaat kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa. Salah satunya menginformasikan kepada camat Lurah serta warga yang tinggal di bantaran kali.

“Penyebaran Informasi melalui Peringatan Dini Disaster Warning System (DWS), lintasan Sungai Ciliwung Sudah di Aktifkan, kenaikan Tinggi Muka Air Bendung Katulampa mulai pukul 18.30 WIB, TMA 150 cm/Hujan (siaga 3)” tulis BPBD DKI.(DEN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *