8.316 Warga Kulon Progo Kesulitan Air Bersih

Ilustrasi Kekeringan di Wilayah Jawa Tengah

Jurnal123.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat jumlah warga yang mengalami kesulitan air bersih mengalami peningkatan dari 4.150 jiwa bertambah menjadi 8.316 jiwa pada musim kemarau tahun ini.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo Suhardiyana mengatakan sebanyak 8.316 jiwa yang kesulitan air bersih tersebar di 116 dusun yang berada di 28 desa di delapan kecamatan. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Samigaluh, Kalibawang, Kokap, Pengasih, Girimulyo, Panjatan, Lendah dan Sentolo.
“Kami memperkirakan jumlah warga yang kesulitan air bersih lebih dari 8.316 jiwa. Kami terus memantau distribusi air bersih ke masyarakat supaya mereka tetap bisa mencukupi kebutuhan air untuk keperluan sehari-hari,” kata Suhardiyanta di Kulon Progo, Minggu (13/10/2019).

Ia mengatakan sampai saai ini, masih banyak masyarakat mengajukan permintaan bantuan dropping air bersih. Tidak hanya dari pedusunan, permintaan penyaluran air juga datang dari sejumlah rumah ibadah dan sekolah.
“Jumlah wilayah serta jumlah penduduk yang terdampak, terus mengalami peningkatan. Mata air warga banyak yang sudah mengering,” katanya.(BES)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *