Kabut Asap di Jambi Makin Memprihatinkan

Pemandangan di Jambi Diliputi Kabut Asap.(Foto Nisa/Jurnal123)

Jurnal123.com – Warga di empat desa yang berada di wilayah Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, dihebohkan dengan fenomena kabut asap pekat. Akibat kabut asap itu, desa tersebut gelap bagai menjelang malam pada siang hari, Sabtu (21/9/2019).

Ada empat desa yang kondisi cuacanya gelap pada siang hari. Keempat desa itu adalah Desa Pulo Mentaro, Puding, Betung dan Pematang Raman. Warga di empat desa itu, katanya, lebih banyak memilih beraktivitas di dalam rumah dan belum ingin mengungsi.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaro Jambi, Zakir mengatakan, di wilayah Kumpeh masih terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di areal gambut. Karhutla tersebut, hingga kini belum bisa diatasi karena sulitnya sumber air untuk pemadaman.
“Kondisi asap cukup parah dan kabut asap semakin tebal,” katanya seperti dilansir Liputan6.

Saat ini tim Satgas Karhutla masih berjibaku memadamkan api. Tim satgas juga tengah mencari sumber air untuk menjangkau titik lokasi kebakaran.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui satelit terra dan aqua merilis, jumlah titik panas di Sumatera mencapai 1.182 titik. Dari jumlah tersebut paling banyak di Provinsi Jambi mencapai 499 titik.

Jumlah titik panas indikasi karhutla di Jambi tersebut, terbanyak di Kabupaten Muaro Jambi mencapai 177 titik.(LIP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *