8.000 Warga Wamena Korban Kerusuhan Mengungsi di 23 Titik

Para Pengungsi Wamena

Jurnal123.com – Ratusan warga dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya secara bertahap tiba Jayapura, Papua. Sebagian besar mereka adalah anak-anak dan ibu.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (30/9/2019), setibanya di Jayapura, masyarakat dari Wamena ditempatkan di markas Lanud Jayapura menunggu waktu untuk pulang ke daerah asal mereka masing-masing seperti Pulau Jawa dan Sumatera.

Menurut Danlanud Silas Papare, Marsma Tri Bowo Santoso, Hercules TNI akan terus membantu kepulangan warga dari Kabupaten Jayawijaya.
“Sambil menunggu cuaca pesawat pagi-pagi sudah berangkat ke Biak untuk memgambil bantuan yang sudah terkumpul di Biak, lalu terbang ke Wamena, setelah itu dari Wamena baru mengangkut pengungsi. Kita juga berharap sesuai dengan apa yang sudah diistruksikan oleh komando atas, akan ada penambahan satu Hercules lagi,” ujar Danlanud Silas Papare, Marsma Tri Bowo Santoso.

Sementara itu, Wakapolda Papua mengatakan, hingga saat ini total pengungsi mencapai 8.000 warga. Mereka ditampung di 23 titik di Wamena. Para pengungsi membutuhkan bantuan berupa bahan makanan, medis, serta selimut dan tikar.
“Pengungsi ini sekarang sekitar 8.000, ada 2.000 di Polres, 2.000 di Kodim, terus 23 titik yang isinya 300, ada yang 500, jumlah keseluruhannya 8.000. Pengungsi ini rawan diare karena dingin di sana, jadi masuk angin, terlambat makan, ini yang terkena diare. Untuk di kepolisian 2.200, itu yang diare sekitar 471 terdata,” ucap Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki.

Saat ini situasi Kabupaten Jayawijaya usai kerusuhan mulai normal.(LIP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *