Berbagai Side Even Menarik Menjadi Agenda TIFF 2019

Dalam rangka mematangkan kegiatan Tomohon International Flower Festival ke 9 dengan tema “The Greatest Love Of All” Pemerintah Kota Tomohon mengadakan dialog bersama para wartawan, bertempat di Lemongrass Cafe & Eatery Tomohon, Senin 05 Agustus 2019.

Saat membuka kegiatan Walikota Tomohon kembali mengingatkan berbagai hal berkaitan dengan persiapan dalam rangka TIFF 2019, khususnya rundown acara.

Salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan yaitu Tomohon Harmony Concert. Christo Bless Eman yang adalah koordinator dari side even ini mengatakan, Tomohon Harmony Concert akan menghadirkan penampilan dari pemuda lintas agama yang ada di Kota Tomohon.

Toar Pangkey yang juga adalah panita Tomohon Harmony Concert menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengangkat Kota Tomohon yang memang sudah dikenal dengan kerukunan beragama yang ada, apalagi Kota Tomohon adalah Kota pertama yang mendapatkan penghargaan Harmony Award di Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu sempat menyinggung ketersediaan bunga yang ada. Menurutnya bunga yang tersedia saat ini berjumlah 200 ribu tangkai, sedangkan bunga yang diperlukan adalah 180 ribu tangkai, oleh sebab itu menurutnya bunga yang disiapkan sudah memenuhi untuk kebutuhan TIFF, ditambahkannya juga bahwa bunga yang disediakan adalah hasil dari petani lokal bukan diimport dari luar Tomohon.

Kepala Dinas Perhubungan Hengky Supit juga menyampaikan gambaran umum tentang rute TOF, rekayasa lalu lintas, dan lokasi-lokasi parkir.

Sementara itu pihak angkasa pura juga menyampaikan berbagai dukungan dan support, salah satunya akan mengikuti parade pada kegiatan Tournamen Of Flower. Pihak AirNav yang akan berkolaborasi dengan Angkasa Pura yang diwakili oleh Ade Pramono menambahkan beberapa hal bekaitan dengan atraksi yang akan dilaksanakam saat perhelatan TIFF.

Pihak kementerian luar negeri yang menjadi salah satu narasumber juga mengatakan bahwa akan ada kunjungan 11 duta besar dari 11 kedutaan di Indonesia.

Sementara itu FKUB akan mengukuhkan Saroinsong sebagai kampung sadar kerukunan, pelantikan perempuan lintas agama, serta dialog dengan beberapa tokoh agama.

Dinas kebudayaan dan pendidikan juga akan menampilkan tarian Ma’zani yang akan meibatkan sekitar 1500 orang yang merupakan salah satu agenda pemecahan Rekor Muri.

Sementara itu ketua umum panitia TIFF 2019 Angelica Tengker mengatakan, salah satu agenda yang akan dilaksanakan juga adalah Kawanua International Bussines Forum bertempat di Grand Linow yang meliputi pameran buku, millenial tourism forum, dan kegiatan apeksi yang akan dihadiri oleh beberapa kepala daerah.

Kegiatan ini bertujuan mengangkat kota Tomohon dan Sulawesi Utara. Acara ini akan dihadiri oleh Thomas Lembong, menteri pariwisata Arief Yahya, dan berbagai tokoh lainnya.

Dalam sesi tanya jawab berbagai pertanyaan dan masukan muncul dari beberapa wartawan baik berkaitan dengan harus hadirnya nuansa bunga dalam setiap side even, rute tetap TOF, Peserta TOF, ketersediaan wc umum, ketersediaan sumber informasi berkaitan dengan TIFF, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Saat menanggapi berbagai pertanyaan wartawan Walikota mengharapkan dukungan dari semua insan pers yang ada demi suksesnya kegiatan Tomohon International Flower Festival 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *