Avengers Endgame Cetak Sejarah, Raup Rp 14 T di Pekan Pertama

Ilustrasi Avenger

Jurnal123.com – Film terbaru karya Marvel Cinematic Universe (MCU), Avengers: Endgame, diprediksi bakal bisa meraup lebih dari US$ 1 bilion atau setara Rp 14 triliun di pekan pertama penayangannya. 

Dilansir dari CNBC International, di pasar luar Amerika ‘Endgame’ telah sukses mengantongi US$ 487 juta hingga Jumat kemarin. Rekor ini memecahkan angka pembukaan tertinggi dari sejarah perfilman yang ada. 

Berkat Avengers Endgame, Tiket Bioskop Terjual 15 Kali Lipat!Baru Tayang, Avengers: Endgame Hampir Raup Rp 4,2 T’Jentikan Jari Thanos’ Raup Triliunan di Pekan Pertama

Rekor terakhir dipegang “The Fate of Furious” hasilkan US$ 443 juta di pekan pertama penayangannya waktu 2017 dulu. 

Secara global, Endgame sudah sukses raup US$ 644 juta, mengalahkan rekor Avengers: Infinity War sebelumnya yang menyentuh US$ 641 juta. Dua hari tersisa jelang satu pekan penayangannya, Endgame dipastikan bisa menembus rekor US$ 1 miliar atau bahkan lebih di hari ke-tujuh pemutarannya.

Jika ini terjadi, Endgame dipastikan menjadi film yang tercepat meraup US$ 1 miliar. Rekor sebelumnya dipegang oleh Infinity War dengan capaian di hari ke-11. “Kita akan menyaksikan sejarah box office terbesar,” ujar Senior Analis Comscore Paul Dergarabedian seperti dikutip dari CNBC Internasional. 

Sementara itu, penayangan perdana Avengers: Endgame di Amerika Serikat juga memecahkan rekor dengan membukukan US$ 156,7 juta. Meroket 32% dibanding pemegang rekor sebelumnya, yakni film Star Wars: The Force Awakens yang raup US$ 119 juta di 2015. 

Disney memperkirakan, hingga akhir pekan ini pemutaran film Iron Man dan kawan-kawan itu akan membuat perusahaan mengantongi pendapatan bruto hingga US$ 310 juta – US$ 340 juta di Amerika Serikat. Sementara pelaku industri semula memproyeksikan pendapatan di angka US$ 260 juta hingga US$ 285 juta. 

Angka-angka tersebut tetap lebih besar dibanding Infinity War yang mendapat US$ 257,6 juta tahun lalu. Tapi proyeksi para analis itu direvisi begitu melihat antusiasme luar biasa, mereka memperkirakan pekan pertama Endgame bisa tembus US$ 360 juta di domestik. 

Apa yang membuat mereka merevisi sebenarnya?

Ternyata, bukan cuma bioskop Indonesia yang menayangkan film ini sejak subuh. Banyak juga negara yang menayangkan aksi Captain America Cs ini sejak subuh, di Amerika pun ada. “Bioskop menciptakan situasi bagi film untuk mendapatkan dolar dengan maksimal, dengan benar-benar memperluas pasokan untuk memenuhi permintaan,” kata Paul Dergarabedian, analis senior di Comscore.  “Badai yang sempurna.” 

Awalnya, diyakini bahwa hanya ada beberapa teater yang memilih untuk melakukan pemutaran film sepanjang waktu. Namun, nyatanya lebih banyak pemilik teater memutuskan untuk melawan norma dan menawarkan pemutaran di luar jam yang biasanya.

“Tidak masalah jam berapa, penonton ingin menonton film ini dan mereka ingin menontonnya akhir pekan ini,” kata Dergarabedian. 
Di antaranya penayangan di bioskop AMC dan Alamo Drafthouse, termasuk jam 4 pagi dan 7 pagi, telah terjual habis atau sudah sangat dekat untuk terjual habis.

Brock Bagby, wakil presiden eksekutif di B&B Theatres mengatakan jika diperlukan 50 bioskopnya akan terus menambahkan tayangan. Di beberapa lokasi perusahaan telah menambahkan pertunjukan pukul 7 pagi dan setengah satu pagi. “Saya belum pernah menjual pertunjukan pukul 7 pagi sebelumnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *