Indonesia Inc di Tiongkok: Sinergi untuk Berkontribusi Pada Pembangunan Nasional

Peserta Indonesia Inc. dalam Rapat Koordinasi

Jurnal123.com – Perwakilan RI, BUMN Indonesia dan para pemangku kepentingan Indonesia di Tiongkok adalah perpanjangan tangan bangsa yang bekerja untuk satu tujuan yaitu kepentingan nasional Indonesia. Inilah yang menjadi dasar utama sinergi dan kolaborasi Indonesia Incorporated (Indonesia Inc.) di Tiongkok.

Rapat Kerja Indonesia Inc. Tiongkok digelar pada tanggal 3 – 4 Maret 2019 di Guilin, Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, RRT. Rakor dipimpin Duta Besar RI Djauhari Oratmangun dan dihadiri oleh Konjen RI Guangzhou, Konjen RI Shanghai, Konjen RI Hong Kong, Sekretaris Ditjen Aspasaf Kemlu, Wakil Kepala Perwakilan RI Beijing, perwakilan BUMN, para pemangku kepentingan Indonesia di Tiongkok yaitu antara lain Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing, Aneka Tambang (Shanghai), Garuda Indonesia (China Region), Bank Mandiri (Shanghai dan Hong Kong), Bank BNI (Hong Kong), Bank BRI (Hong Kong), ITPC Shanghai, Indonesia Chamber of Commerce (Inacham) dan Visit Indonesia Tourism Officers (VITO).

Duta Besar Djauhari Oratmangun pada Rapat Koordinasi indonesia Inc,

Raker diselenggarakan sebagai evaluasi kegiatan tahun 2018 serta mengkoordinasikan misi dan kegiatan Perwakilan RI di Tiongkok agar semakin sinergis dan efektif dalam mempersiapkan rencana kegiatan dan menghadapi tantangan bersama dalam pelaksanaan tugas di tahun 2019. Melalui diskusi working group dan pleno meeting diidentifikasi evaluasi capaian kinerja serta rencana kegiatan tahun 2019 yang disampaikan oleh para Kepala Perwakilan RI dan BUMN secara bergiliran.

Dubes RI Beijing menyampaikan bahwa selaras dengan program prioritas Pemerintah RI, berbagai kegiatan dan kerja sama yang dilakukan dengan Tiongkok tetap fokus pada peningkatan Perdagangan, Parisiwata dan Investasi. Untuk itu, seluruh perwakilan dan pemangku Indonesia di Tiongkok harus mampu menonjolkan hasil nyata pendirian kantor perwakilan Indonesia di Tiongkok yaitu untuk mendorong pembangunan nasional.

Koordinasi Perwakilan RI dengan Perwakilan BUMN Indonesia di Tiongkok

Rakor menghasilkan kesepakatan bersama yaitu “Komitmen Guilin” yang akan dilaksanakan melalui sinergi program dan kegiatan di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata antara Perwakilan dan para pemangku kepentingan Indonesia di Tiongkok. Komitmen ini akan menjadi landasan bersama bagi setiap pemangku kepentingan di RRT untuk saling bekerja sama mendorong pembangunan nasional.(DJO)

Sumber : KBRI Beijing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *