Upaya Memberangus ‘Hoax’ Polri Kunjungi 75 Universitas

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal dalam seminar bertajuk Milenial Anti Hoaks di Vokasi UI Depok, Jawa Barat. Senin(4/2)2019

Jurnal123.com – Upaya memberangngus  aksi hoak kepada  para milenial dilakukan edukasi bagi para mahasiswa dengan mengunjungi  kampus mengenai penyebaran dan penangkalan hoaks dengan tajuk   “Milenial Anti Hoaks” di Vokasi UI Depok, Jawa Barat, Senin (4/1)2019. Kunjungan ini sudah 75 kampus.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal   di Vokasi UI Depok, Jawa Barat, Senin (4/1)2019 mengatakan  Polri sudah mengunjungi 75 universitas untuk memberikan edukasi terhadap mahasiswa mengenai penyebaran dam penangkalan hoaks. “Sudah ada 75 kampus yang kita kunjungi. Salah satunya Vokasi Universitas Indonesia (UI), kita transfer ilmu komunikasi,” ujarnya. 

Selanjutnya, Iqbal menegaskab  kerja sama dengan pihak-pihak universitas diperlukan karena saat ini hoaks adalah ancaman yang harus dikelola. Kepolisian, lanjutnya, tidak bisa sendiri dalam menangkal hoaks, tetapi perlu keterlibatan masyarakat. “Polisi tidak bisa sendiri, harus semua yang ada di republik ini terlibat,” tegasnya. 

Untuk itu, Iqbal menjelaskan apalagi, pengguna media sosial terbesar di Indonesia adalah generasi milenial, yakni mahasiswa.” Kami mengajak generasi ini menjadi sahabat kepolisian,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Iqbal merinci Hoaks, seperti diungkapkan Iqbal, marak di tahun politik saat ini. Ia menyebut, 65 persen hoaks saat ini terkait dengan politik. “Untuk itu, polisi sebagai pengayom masyarakat bertugas mendinginkan situasi politik yang ada,” rincinya.(Vecky Ngelo) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *