Berkas Tersangka Kasus Pengaturan Skor Nurul dan Mansyur Akan Dilimpahkan ke Penuntut Umum

Logo PSSI

Jurnal123.com – Satgas Antimafia Bola Polri saat ini tengah menyelesaikan berkas perkara dua tersangka kasus  Wasit Nurul  Safarid dan Staf Direktur  Penugasan Wasit di PSSI Mansyur Lestahulu dugaan pengaturan skor dalam sepakbola Indonesia. 

Penyidik dari Satgas Antimafia Bola akan segera melimpahkan berkas perkara dua tersangka kasus pengaturan skor dalam sepakbola Indonesia ke penuntut umum.

Saat ini penyidik Satgas Antimafia Bola tengah menyelesaikan berkas dua tersangka yakni wasit Nurul Safarid dan staf Direktur Penugasan Wasit di PSSI Mansyur Lestaluhu.

“Dua berkas perkara (tersangka oknum wasit Nurul Safarid dan staf Direktur Penugasan Wasit di PSSI Mansyur Lestaluhu) minggu depan akan dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU),” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jumat (25/1/2019).

Sebelumnya, Satgas Antimafia Bola Polri juga sedang fokus menyelesaikan berkas perkara empat tersangka kasus dugaan pengaturan skor dalam sepakbola Indonesia.

Empat berkas perkara yang tengah diselesaikan adalah untuk tersangka mantan anggota Komite Wasit PSSI Priyanto, beserta anaknya Anik Yuni Sari, anggota Komite Eksekutif PSSI sekaligus Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah Johar Ling Eng, serta anggota Komisi Disiplin PSSI (nonaktif) Dwi Irianto alias Mbah Putih.

“Ini targetnya berkas perkara minggu ini sudah bisa dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU),” ujar Dedi, di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Tim satgas juga telah memeriksa Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Joko diperiksa selama 11 jam oleh tim Satgas Antimafia Bola di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Kamis (24/1/2019).

Ia dimintai keterangan sebagai saksi terkait kasus dugaan pengaturan skor. Sampai saat ini, polisi sudah menetapkan 11 tersangka kasus pengaturan skor. Enam tersangka di antaranya sudah ditahan.

Sesuai data, Dedi merinci  Enam tersangka di antaranya sudah ditahan. Polisi juga sudah memproses 4 dari 73 laporan terkait kasus pengaturan skor di liga sepak bola Indonesia, yakni terkait pertandingan Persibara vs PS Pasuruan.” Suap untuk meloloskan PS Mojokerto ke Liga 1, penyelenggaraan Piala Suratin 2009, dan pertandingan Madura FC melawan PSS Sleman pintu masuk Liga 2,” rincinya. (Vecky Ngelo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *