Grab Menerima Suntikan Dana Rp 2,1 T Dari Yamaha

Jurnal123.com – Grab mengumumkan suntikan dana segar dari Yamaha Motor sebesar US$150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun. Selain memberikan investasi berupa uang, perusahaan otomotif asal Jepang ini juga mengungkap kerja sama kolaboratif layanan roda dua di Asia Tenggara.

Kerja sama strategis tersebut akan difokuskan untuk operasional bisnis Grab di Indonesia. Kedua perusahaan sepakat untuk mengembangkan generasi lanjutan dari layanan mobilitas lewat implementasi solusi dan inovasi keselamatan sepeda motor milik Yamaha.

“Selain meningkatkan keselamatan dan kenyamanan para penumpang dan mitra pengemudi melalui penerapan teknologi Yamaha Motor dalam tipe baru sistem transportasi yang melibatkan partisipasi pengguna,” ungkap executive officer Takuya Kinoshita, chief general manager of motorcycle business operationsYamaha Motor lewat keterangan resmi, Kamis (13/12).

Kinoshita menyebut pihaknya memprediksi adanya peningkatan dalam sistem mobilitas di masa depan. Teknologi robotik (advancing robotics)milik Yamaha akan diimplementasikan dalam kerja sama ini.

Grab berkesempatan menjajal fitur keamanan pada kendaraan besutan Yamaha. Untuk itu, Yamaha juga akan memudahkan pembelian motor bagi pengemudi Grab.

Di sisi lain, Yamaha akan memanfaatkan  basis konsumen Grab di Asia Tenggara dan wawasan mengenai bisnis ride-hailing sepeda motor untuk pengembangan produknya di masa mendatang. 

Ming Maa, president Grab mengatakan pihaknya yakin kerja sama ini bisa menyediakan layanan yang aman bagi pengemudi motor di Indonesia.

“Kami akan terus bekerja sama dengan rekanan untuk menciptakan solusi inovatif serta inisiatif agar Grab menjadi layanan ride-hailing paling aman dan andal di Asia Tenggara,” ungkap Maa.

Sejak didirikan pada 2012, Grab mencatat telah menyelesaikan lebih dari 2,5 miliar perjalanan. Hingga kini, perusahaan asal Singapura ini telah beroperasi di 235 kota di delapan negara di Asia Tenggara.(CNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *