Dubes RI Yakinkan Para Pengusaha Tiongkok Untuk Investasi Ke Indonesia

Dubes RI Djauhari Oratmangun Menjadi Keynote Speech di Hadapan 500an Pengusaha Beijing Peserta Sichuan Southward Opening (Xiamen) International Cooperation Conference, Xiamen,
15 Desember 2018

Jurnal123.com – “Indonesia adalah negara dengan berjuta peluang, bukan hanya karena GDP yang terus meningkat, daya tarik Indonesia semakin kuat karena kondisi geografis, populasi dan sumber daya manusia produktif yang berkwalitas serta sumber daya alam yg banyak”. Ujar Djauhari Oratmangun, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dihadapan 500an pengusaha Tiongkok.

Duta Besar RI berdialog dengan Wakil Wali Kota Chengdu, Bapak Liu Jiedong

Duta Besar Djauhari menyampaikan keynote speech pada Sichuan Southward Opening (Xiamen) International Cooperation Conference yang diselenggarakan di Xiamen, RRT, 15 Desember 2018. Konferensi tersebut diselenggarakan oleh Sichuan Provincial People’s Government bekerja sama dengan Sichuan Provincial Bureau of Economic Cooperation dan Sichuan Chamber of Commerce in Fujian, serta didukung oleh Xiamen Municipal Bureau of Economic and Information Technology, Foreign Affairs Office of Xiamen Municipal People’s Government dan Taiwan Affairs Office of Xiamen Municipal People’s Government.

Duta Besar RI berdialog dengan Wakil Ketua CPPCC Provinsi Sichuan, Bapak Chen Fang


Konferensi dihadiri oleh sekitar 500an peserta yang berasal dari kalangan pengusaha dalam dan luar negeri Tiongkok, perwakilan Asosiasi Dagang Tiongkok di seluruh dunia, perwakilan Asosiasi Dagang Provinsi Sichuan di seluruh Tiongkok, kalangan penasihat hukum, serta perwakilan Pemerintah Provinsi Sichuan dan Kota Xiamen.

Duta Besar RI berdialog dengan Wakil Gubernur Provinsi Sichuan, Bapak Bapak Yang Xingping


Tujuan utama diselenggarakan konferensi adalah untuk mempromosikan potensi dan keunggulan ekonomi Provinsi Sichuan, serta meningkatkan kerja sama di antara kaum pebisnis Provinsi Sichuan dengan wilayah lainnya di Tiongkok maupun di kalangan pebisnis internasional. Kehadiran Duta Besar RI pada forum ini menjadi sangat signifikan untuk mempromosikan Indonesia, tidak hanya dalam hal ekonomi dan investasi, namun juga memperkenalkan peluang di bidang perdagangan, investasi, dan industri pariwisata Indonesia.

Duta Besar RI juga melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Provinsi Sichuan, Bapak Yang Xingping, Wakil Ketua CPPCC Provinsi Sichuan, Bapak Chen Fang, dan Wakil Wali Kota Chengdu, Bapak Liu Liedong dan Pimpinan Kamar Dagang Si huan dan Xiamen. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak telah berdiskusi terkait upaya implementasi kerja sama komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok, khususnya Provinsi Sichuan, termasuk rencana melaksanakan forum bisnis Indonesia di Sichuan.

Sichuan merupakan provinsi terbesar di wilayah barat daya Tiongkok dan memiliki jumlah populasi sebanyak 81 juta jiwa. Tahun 2017 GDP Provinsi Sichuan mencapai 0.51 trilyun USD atau setara dengan RMB 3.7 trilyun, yang merupakan salah satu provinsi dengan GDP 10 besar tertinggi di Tiongkok. Pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat serta jumlah populasi yang besar, menjadikan Provinsi Sichuan sangat menarik bagi investor asing. Sichuan juga merupakan kampung halaman sepasang giant panda, Cai Tao dan Hu Chun yang telah berada di Taman Safari Indonesia sejak tahun 2017, sebagai implementasi kerja sama breeding loan panda antara Indonesia – Tiongkok. Hingga saat ini Provinsi Sichuan telah memiliki kerja sama sister city dengan Indonesia, antara lain Jawa Barat – Provinsi Sichuan dan Kota Medan – Kota Chengdu.(DJO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *