Selasa, April 16, 2024
spot_img
BerandaNusantaraBareskrim Siap Tindak Tegas Penimbun Bahan Pokok dan BBM Jelang Natal Tahun...

Bareskrim Siap Tindak Tegas Penimbun Bahan Pokok dan BBM Jelang Natal Tahun Baru

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Irjen Arief Sulistyanto ditemui di Aula Bareskrim, Kamis (15/11)2018.( Vecky Ngelo)

Jurnal123.com – Menjawab kebutuhan 9 bahan pokok dan BBM secara cermat, Bareskrim terus mengawal pihaknya akan tegaspihaknya akan melakukan penegakan tegas kepada para penimbun kebutuhan bahan pokok dan BBM jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Irjen Arief Sulistyanto  ditemui di Aula Bareskrim, Kamis (15/11)2018 mengatakan pihaknya akan melakukan penegakan tegas kepada para penimbun kebutuhan bahan pokok dan BBM jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.”Saya akan mengedepankan langkah preventif dengan koordinasi bersama para pemangku kepentingan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan bahan pangan dan BBM,” ujarnya.

Selanjutnya, Arief menegaskan Apabila ada penimbunan dan sebagainya saya pikir langkah koordinatif sudah berjalan seperti itu tidak terjadi penimbunan, tetapi kalau memang ternyata masih ada yang mencoba-coba melakukan penimbunan yang merugikan pertama pasti akan ketahuan ,” 
“Kedua kita akan melakukan penegakan hukum dengan tegas, tapi ini menjadi langkah terakhir, the last resort untuk melakukan penegakan hukum,” tegasnya.

Untuk itu, Arief menjelaskan dan memastikan, bila ditemukan suatu penyimpangan atau pelanggaran terkait penimbunan bahan baku dan BBM akan dikenakan sanksi menurut ketentuan yang berlaku.
“Ya kita akan lakukan (penegakan hukum) sesuai jenis pelanggarannya dan ketentuan yang berlaku. Itu (penegakan hukum) adalah langkah terakhir,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arief merincinya  Satgas Pangan Polri akan mengambil langkah-langkah strategis dengan mengedepankan pendekatan proaktif dan preventif dalam memastikan stok bahan pangan dan stabilitas harga. Untuk itu kita  monitoring dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan menjadi hal yang penting.Langkah koordinatif mencari solusi di mana masalah harus diselesaikan dalam forum Satgas Pangan,” rincinya.

Seiring itu, Arief membeberkan bahan pokok merupakan kebutuhan masyarakat dan ketersediaan (stock) bahan pangan di masyarakat tidak lepas dari peran pemerintah dan pengusaha.“Fokus dari Satgas Pangan dan pemangku kepentingan lain memastikan ketersedian stoknya cukup,” bebernya.

Itu Sebabnya, Arief menambahkan pihaknya juga berupaya memastikan kelancaran distribusi sembilan bahan pokok serta bahan bakar minyak dan gas ke daerah-daerah.“Memastikan distribusi nya lancar, kalau stock cukup distribusi lancar otomatis ketersediaan di pasar tinggal kita koordinasi dengan pengusaha, distributor dan pedagang-pedagang ritail,” tambahnya. ( Vecky Ngelo)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments