Terkait Kematian Jurnalis Khashoggi Pemerintah Arab Saudi Tangkap 18 Orang

Jurnal123.com – Arab Saudi akhirnya secara resmi pada Sabtu (20/10), mengakui bahwa jurnalis Jamal Khashoggi telah tewas. Otoritas menyatakan penyelidikan awal menunjukkan jurnalis Washington Post itu kehilangan nyawanya setelah bertengkar di konsulat Saudi di Istanbul.

Jaksa penuntut umum mengatakan 18 warga Saudi telah ditangkap sehubungan dengan insiden itu. Keputusan kerajaan memerintahkan Wakil kepala intelijen Ahmed Al-Asiri telah dicopot dari jabatannya di badan intelijen umum dan Saud Al-Qahtani dari jabatan penasihatnya di pengadilan kerajaan.

Setelah 18 hari, Saudi akhirnya mengakui jurnalis Jamal Khashoggi telah tewas terbunuh. Kantor berita resmi SPA menyatakan, hasil awal penyelidikan menunjukkan jurnalis pembangkang itu meninggal setelah perkelahian terjadi di dalam gedung.

“Satu pertengkaran meletus antara dia [Khashoggi] dan pihak yang lain yang dia temui di konsulat Saudi di Istanbul yang menyebabkan perkelahian tinju yang menyebabkan kematiannya,” bunyi laporan SPA.

Khashoggi, seorang wartawan Saudi yang tinggal di AS, menghilang pada 2 Oktober setelah mengunjungi konsulat Saudi untuk menyelesaikan dokumen terkait perceraiannya. Hingga kini, masih belum jelas di mana mayat Khashoggi setelah dibunuh.

Raja Salman juga memerintahkan pembentukan komite menteri yang dipimpin oleh Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman untuk merestrukturisasi badan intelijen umum negara.

TV Saudi dan Saudi Press Agency yang dikelola pemerintah menyampaikan pernyataan resmi kerajaan Saudi itu Sabtu (20/10) pagi.(Arabnews/Al Jazeera/BBC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *