Sri Mulyani Wisuda 5.523 Lulusan STAN

Jurnal123.com – Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) meluluskan sebanyak 5.523 wisudawan pada hari ini, Kamis (8/10/2018). Wisuda akbar ini terdiri dari pelajar yang merampungkan pendidikan Diploma I, III, dan IV tahun akademik 2018.

Dalam kesempatan itu hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dirinya juga berkesempatan memberikan pidato kepada para ribuan generasi baru aparatur sipil negara tersebut.

Selain itu hadir pula lulusan PKN STAN yang kini menjadi pejabat eselon I di Kementerian Keuangan maupun Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Di antaranya yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Sumiyati, dan Sesmenko Bidang Perekonomian Susiwijono.

Dalam pidatonya, Sri Mulyani meminta para wisudawan bisa agar bisa mewujudkan cita-cita Indonesia yakni adil, aman, dan sejahtera.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang hadir dalam prosesi wisuda ini. Kerja keras Anda selama ini terbayar kebahagiaan telah diwisuda, menjadi lulusan PKN STAN merupakan predikat terbaik. Saudara patut berbangga dan bersyukur,” ujar Sri Mulyani dalam pidato di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/10/2018).

Dia menjelaskan, PKN STAN adalah institusi pendidikan yang berada di lingkungan Kementeriaan Keuangan, di mana telah melahirkan berbagai penjabat pengelola keuangan negara yang profesional. Para pejabat tersebut tentunya memiliki tugas yang penting dalam menentukan nasib perekonomian negara.

Oleh sebab itu, Bendahara Negara tersebut meminta setiap lulusan bisa mengikuti jejak para eselon I lulusan PKN STAN tersebut, yang kini tengah berada di puncak kariernya.

“Saya harap para mahasiswa bisa lihat contoh konkret yang duduk depan sini (para pejabat eselon I) adalah sebagian besar lulusan STAN. Mereka inilah lulusan terbaik yang mencapai puncak karier yang hidupnya dimulai dengan sekolah di STAN dan sekarang sudah menjadi pejabat birokrat yang menentukan nasib bangsa Indonesia,” jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga mengingatkan bahwa 5.523 lulusan PKN STAN tersebut akan menjadi pengelola keuangan negara. Maka diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan profesionalisme tinggi dan integritas yang tidak diperjualbelikan, serta mampu memberikan inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan keuangan negara.

“Anda akan menjadi pengelola dan penjaga dari keuangan negara. Keuangan negara adalah sutatu instrumen penting dalam memajukan bangsa dan negara kita untuk menciptakan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.(OKE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *