Polri-KPK Harus Bersatu Hadapi Berita Bohong

Kapolri Jenderal Tito Karnavian Dan Ketua KPK Agus Rahardja

Jurnal123.com – Dua lembaga penegak hukum yakni KPK dan Polri diminta untuk solid menjalankan tugas masing-masing. Hal ini dilakukan agar kedua lembaga negara tersebut tidak terbawa suasana terkait polemik penyobekan “buku merah” yang belum bisa dipastikan kebenarannya bahkan cenderung berita bohong.

Permintaan itu disampaikan Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Irfan Ahmad Fauzi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/10/2018).

“Penjelasan ketua KPK Agus Rahardjo dan Kadiv Humas Polri sudah sangat jelas terkait penyobekan buku merah, bahwa tidak ditemukan dalam CCTV. Ini berita yang sangat simpang siur kebenarannya, jadi sangat disayangkan jika semua pihak terutama KPK dan Polri terbawa suasana,” kata Irfan.

“Berita seperti ini kan seperti tong kosong, yang kalau dipukul akan terus semakin besar bunyinya tetapi kosong isinya” tambahnya.

Menurut Irfan, kasus ini justru akan menguras konsentrasi KPK dan Polri dalam menyelesaikan kasus-kasus yang lebih pokok dan mendesak.

“Jadi, KAMMI meminta baik itu KPK dan Polri tidak lagi terpecah konsentrasinya karena berita ini. Tentunya kita tidak mau karena berita yang tidak benar seperti ini, antara KPK dan Polri justru terjebak dan saling bermusuhan,” ucapnya.

“Saya juga memohon kepada semua pihak untuk tidak ikut-ikutan memanaskan suasana, ini tahun politik semua bisa dikait-kaitkan. Biarkan KPK dan Polri menyelesaikan tugasnya masing-masing, pileg dan pilpres tidak lama lagi,” lanjutnya.

Selain itu Irfan juga meminta KPK dan Polri untuk selalu menjaga netralitasnya dalam menghadapi tahun pemilu kedepan.

“Keberpihakan penegak hukum dan lembaga negara adalah kepada negara dan rakyat bukan kepada salah satu pasangan calon peserta pemilu. Hal ini menjadi penting supaya penegak hukum tidak terbawa arus politik di tahun politik ini dan fokus untuk mengawal pemilu dengan damai dan demokratis,” pungkas Irfan.(ROL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *