Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2018

Jurnal123.com – Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya.

Mencuci tangan dengan bersih merupakan resep hidup sehat. Inilah tema yang diusung Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day 2018.

Hari Cuci Tangan Sedunia yang diinisiasi Global Handwashing Partnership (GHP) diperingati setiap tahunnya pada 15 Oktober. Sejak dihelat pada 2008, Hari Cuci Tangan Sedunia mengajak gaya hidup sehat melalui mencuci tangan dengan bersih.

Tahun ini, Hari Cuci Tangan Sedunia fokus pada hubungan antara mencuci tangan dengan makanan yang meliputi nutrisi dan kebersihan makanan.

“Mencuci tangan adalah bagian penting untuk menjaga makanan yang aman, mencegah penyakit, dan membantu anak-anak tumbuh dengan kuat,” ujar pernyataan dari GHP, seperti dikutip dari laman resmi Global Handwashing Day.

Mencuci tangan dengan sabun dapat menjaga makanan tetap bersih dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan makanan. Lebih dari 70 persen kasus diare di dunia berhubungan dengan kebersihan makanan.

Mencuci tangan dengan sabun diperkirakan dapat mengurangi diare sebesar 27 hingga 48 persen. Mencuci tangan juga dapat mengurangi hilangnya nutrisi pada makanan dan mengurangi risiko stunting pada anak usia di bawah 5 tahun hingga 15 persen.

Penyakit yang ditularkan melalui makanan adalah penyebab utama kematian pada negara yang berpendapatan rendah. Kontaminasi pada makanan rentan pada wanita hamil, janin, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Penelitian menunjukkan, mencuci tangan memiliki manfaat untuk kebersihan makanan, nutrisi, dan kesehatan secara menyeluruh. Berikut beberapa resep atau cara hidup sehat dengan mencuci tangan berdasarkan rekomendasi dari HGP.

1. Cuci tangan dengan sabun sebelum memasak dan menyiapkan makanan, sebelum makan, dan sebelum memberi makan seseorang termasuk ketika hendak menyusui.

2. Jadi contoh mencuci tangan dengan baik dan selalu mengingatkan orang lain untuk mencuci tangan sebelum makan.

3. Jadikan kebiasaan cuci tangan sebagai bagian dari makan bersama keluarga.

4. Sediakan tempat mencuci tangan di rumah, komunitas, sekolah, tempat kerja, dan di fasilitas kesehatan. (RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *