Inilah Rangkaian Acara Penutupan Asian Games XVIII

Grup Super Junior (Sujo) Asal Korea Selatan Mengisi Acara Puncak Penutupan Asian Games XVIII di Jakarta


Jurnal123.com – INASGOC telah mempersiapkan acara penutupan Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (2/9) malam. Berikut susunan acara upacara penutupan Asian Games 2018.

Berbeda dengan upacara pembukaan yang lebih banyak menampilkan kekayaan budaya Indonesia, upacara penutupan bakal lebih banyak diisi dengan penampilan artis papan atas Indonesia dan Asia.

Berdasarkan rilis, upacara penutupan bakal diawali dengan penampilan pembuka yang menghadirkan pengisi acara dan pemutaran video sejak pukul 18.00 sampai 19.00 WIB. Diiringi dengan kedatangan tamu-tamu undangan VIP.

Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Lagu Indonesia Raya akan dinyanyikan oleh 4 Paskibraka dan The Resonanz, dilanjutkan dengan marching band dari Akademi Kepolisian dan Akademi Militer.

Acara dilanjutkan dengan parade kontingen, pembawa plakat dan pembawa bendera 45 negara peserta secara berurutan. Dimulai dari Afghanistan dan kemudian secara berurutan sesuai alfabet yang ditutup dengan defile dari Indonesia sebagai tuan rumah.

Setelah parade atlet, ada maskot dan relawan Asian Games serta video cuplikan dari pertandingan berbagai cabang olahraga. Penyanyi wanita Isyana Sarasvati akan tampil pada kesempatan ini.

Setelah itu petinggi-petinggi negara mulai dari Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah secara bergantian akan berpidato.

Acara puncak penutupan Asian Games 2018 akan dilakukan secara simbolis dengan penurunan bendera OCA. Kemudian dilanjutkan dengan serah terima bendera OCA yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan Ketua INASGOC Erick Thohir kepada Presiden OCA.

Selanjutnya Presiden OCA akan menyerahkan bendera OCA kepada dua delegasi China yang menjadi tuan rumah Asian Games 2022, diiringi penaikan bendera dan pemutaran lagu kebangsaan China. Empat tahun mendatang kota Hangzhou akan menjadi tuan rumah Asian Games 2022.

Pemadaman Api Asian Games menjadi penanda Asian Games 2018 telah selesai diselenggarakan. Rencananya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menuju kaldron utama untuk mematikan api tersebut diiringi penampilan dari Lea Simanjuntak dan Bams.

Konser musik dan pertunjukan tari bakal menjadi bagian terakhir penutupan acara. Artis-artis dalam negeri seperti Gigi, Denada, Siti Badriah, Winky Wiryawan, Jevin Julian, RAN, Bunga Citra Lestari, JFlow, Dira Sugandi, Ade Govinda, dan Irfan Samsons akan tampil. Selain itu rombongan dari Jember Fashion Carnaval juga akan ambil bagian dalam upacara penutupan.

Sementara artis-artis luar negeri yang akan tampil adalah iKON dan Super Junior dari Korea Selatan, dan Siddharth Slathia dari India. Acara upacara penutupan Asian Games 2018 direncanakan selesai pada pukul 22.00 WIB.(CNI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *