Uber Dikabarkan Menjual Asetnya ke Grab

images(282)

JURNAL123, JAKARTA.
Perusahaan jasa transportasi online Uber dikabarkan sedang bersiap untuk menjual bisnis ride-sharingnya di Asia Tenggara, ke raksasa ride-sharing Grab. Kesepakatan ini akan berupa penjualan aset dengan imbalan berupa saham Grab, seperti melansir Techcrunch yang mengutip laporan CNBC.

Hal ini cukup wajar, karena Grab sendiri sudah jadi penguasa pasar di Asia Tenggara mengalahkan perusahaan asal AS tersebut. Hal ini pun pernah ditempuh oleh Uber ketika di 2016 silam akhirnya menjual bisnisnya di China ke Didi Chuxing yang jadi penguasa pasar ride-sharing di negeri Tirai Bambu tersebut.

Grab sendiri sepertinya tidak ‘memberi tempat’ untuk Uber di Asia Tenggara, pasalnya Grab mengklaim menyebut bahwa dirinya menguasai 95 persen pasar ride-sharing di Asia Tenggara.

Grab sendiri sedang di tengah-tengah menjalani penyelesaian investasi senilai 2,5 milyar dollar dari investor yang salah satunya Softbank.

Kesepakatan antara Grab dan Uber ini merupakan jalan baik bagi Uber untuk menyelesaikan kasus yang baru-baru ini dijeratkan Waymo ke perusahaannya soal rahasia dagang, serta mencapai tujuan terdekat Uber untuk go publik atau IPO.(MER)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>