Polisi Tindak Lanjuti Laporan Bupati Toli Toli

Karopermas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjend  Pol M. Iqbal ( Vecky Ngelo/Jurnal123)

Karopermas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjend Pol M. Iqbal ( Vecky Ngelo/Jurnal123)

JURNAL123, JAKARTA.
Sesuai laporan dari Bupati Tolitoli  Muhamad Saleh Bantilan terhadap wakil Bupati Abduk Rahman H Buding dan akhirnya penyidik segera melakkan penyelidikan. Seirng dengan  itu juga Polisi juga melakukan mediasi bagi kedua pihak.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal ditemui di Mabes Polri,Kamis (1/2/2018) mengatakan, pihaknya membuka penyelidikan atas laporan Bupati Tolitoli Mohammad Saleh Bantilan terhadap wakilnya, Abdul Rahman H Buding.Di samping itu, polisi juga melakukan upaya mediasi ke dua belah pihak yang berseteru.”Saat ini Polres Tolitoli melakukan upaya persuasif, mendekati kedua pihak agar tidak terjadi hal yang sama dan membesar,” ujarnya.

Selanjutnya, Iqbal menegaskan polisi tengah menggali akar permasalahan konflik tersebut. Langkah pertama yang dilakukan yakni olah tempat kejadian perkara dan mengamankan bukti berupa pecahan gelas yang dilempar salah satu pihak.Selain itu, pemeriksaan para saksi, termasuk pihak pelapor dan terlapor juga dilakukan.”Prinsip kita bila ditemukan alat bukti yang mengarah proses tindak pidana akan kita proses hukum,” tegasnya.

Untuk  itu, Iqbal menjelaskan agar menghindari konflik kepentingan, proses hukum di Polres Tolitoli akan disupervisi oleh Polda Sulawesi Tengah.“Tak menutup kemungkinan ditarik (ke Polda Sulteng).”Sebelumnya, Abdul Rahman dilaporkan ke polisi dengan tuduhan perbuatan tidak menyenangkan.Dalam tayangan video yang sudah viral itu, terlihat sang wakil bupati marah-marah dan naik ke atas panggung saat Sembupati sedang melantik pejabat fungsional dan struktural di gedung wanita Tolitoli,” jelasnya. (VEK)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *