Tuna Seharga Rp 4,2 Miliar

Ilustrasi Tuna Sirip Biru

Ilustrasi Tuna Sirip Biru


JURNAL123, TOKYO.
Dalam lelang Tahun Baru terakhir di pasar ikan Tsukiji yang terkenal di Tokyo, pemilik restoran sushi internasional rela mengeluarkan lebih dari US$300 ribu atau Rp 4,2 miliar untuk tuna sirip biru. Dia bahkan mengaku sangat bahagia dengan hasilnya.

Rencananya, pasar ikan terbesar di dunia yang menjadi salah satu lokasi wisata paling populer di Tokyo, akan dipindahkan akhir tahun ini. Pasar ini dipindahkan untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari Reuters, Selasa 9 Januari 2018, Hiroshi Onodera, Presiden LEOC Co. Ltd yang memiliki jaringan restoran “Ginza Onodera”, membayar US$323 ribu atau Rp4,5 miliar untuk tuna sirip biru Pasifik seberat 405 kilogram.

Harga ini hanya setengah dari tawaran tahun lalu yang menang 72 juta yen, dan jauh di bawah rekor 155 juta yen yang dibayarkan pada 2013.

“Saya sudah mencoba untuk menang dalam pelelangan sejak tahun lalu, jadi saya sangat senang,” kata Onodera, yang perusahaannya memiliki restoran di New York dan Singapura.

Tuna memang menjadi kunci dari kelezatan sushi. Namun para ahli memperingatkan meningkatnya permintaan telah membuatnya menjadi spesies yang hampir punah.

“Harga tinggi yang dibayarkan hari ini untuk tuna sirip biru Pasifik tidak boleh mengalihkan perhatian dari status spesies yang mengerikan, yang telah habis lebih dari 97 persen karena penangkapan berlebih,” kata Jamie Gibbon, pakar tuna sirip biru Pasifik untuk Pew Charitable Trusts, dalam sebuah pernyataan.

“Jika negara-negara terus melampaui batas tangkapan mereka, kelangsungan spesies ini akan terancam.”(VIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>