Perusahaan Italia Menangkatkan Gugatan Logo “Steve Jobs”

Logo Apple (kiri) dan Logo Steve Jobs (kanan) yang digugat Apple

Logo Apple (kiri) dan Logo Steve Jobs (kanan) yang digugat Apple


JURNAL123, ITALIA.
Jika mengingat nama Steve Jobs, yang akan terlintas di pikiran adalah pendiri sekaligus CEO Apple, yang telah wafat pada 2011 lalu.

Namun, pernahkan membayangkan merek baju ketika menyebut nama Steve Jobs?
Sepertinya, hal tersebut akan terpikirkan mulai tahun ini. Sebab, sebuah perusahaan fashion asal Italia berhasil memenangkan merek dagang ‘Steve Jobs’ setelah bersengketa dengan Apple.

Dua bersaudara, Vincenzo dan Giacomo Barbatos menempelkan nama ‘Steve Jobs’ pada produk fashion mereka sejak 2012. Mereka memberanikan diri menggunakan nama tersebut karena dari analisis mereka, Apple tidak menggunakan nama Steve Jobs sebagai merek dagang.

“Kami melakukan riset pasar dan menyadari jika Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa, tidak pernah mendaftarkan nama pendiri mereka sendiri. Jadi kami memutuskan untuk melakukannya”, jelas duo Barbatos dihimpun dari Macrumors, seperti diberitakan Kompas, Kamis (4/1/2018).

Pada 2014, Apple mengajukan tuntutan atas nama Steve Jobs, juga desain logo ‘Steve Jobs’ yang meniru logo Apple. Dalam logo ‘Steve Jobs’, Barbatos bersaudara menarik huruf “j” di tengah dengan gigitan di sebelah kiri, menyerupai gigitan di logo Apple di sisi yang sama. Mereka juga mengganti titik di huruf “j” dengan daun miring di atas.

Keberuntungan berpihak pada Barbatos bersaudara dengan ditolaknya tuntutan Apple oleh Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa pada 2014. Menurut Kantor Kekayaan Intelektual, huruf “j” yang seolah digigit pada merek ‘Steve Jobs’ tidak melanggar desain logo Apple.

Karena huruf tidak dapat dimakan layaknya buah, sehingga potongan tersebut tidak bisa dikatakan digigit. Meskipun keputusan hukum dikeluarkan pada 2014, namun Vincenzo dan Giacomo tidak bisa seketika menggunakan merek itu, karena klaim mereka baru bisa diselesaikan ada 2017.

Saat ini Barbatos bersaudara sudah memproduksi tas, t-shirts, jeans, dan produk fashion lain.
Mereka mengaku berencana memproduksi perangkat elektronik juga dengan merek dagang ‘Steve Jobs’.

“Kami sedang mengerjakan perangkat elektronik yang sangat inovatif, proyek yang sudah kami kerjakan selama bertahun-tahun,” imbuh keduanya.(KOM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *