Longsor di Ponorogo Tewaskan 2 Orang

Ilustrasi Longsor di Bogor

Ilustrasi Longsor di Bogor

JURNAL123, PONOROGO.
Tanah longsor di Dusun Gondang, Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur, yang menimbun rumah milik Soirin, mengakibatkan dua orang, Ria Lestari (23) dan anaknya Venesia Aulia Andriani (2 bulan) tewas tertimbun, Minggu (7/1) malam. 

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, Senin menuturkan tim BPBD bersama TNI, Polri, dan relawan yang melakukan pencarian telah berhasil mengevakuasi kedua korban tewas tersebut Minggu pukul 23.00 WIB.

“Kedua korban yang meninggal, Ria Lestari dan Aulia Andriani sudah dievakuasi tadi malam. Hari ini kita melanjutkan pencarian sepeda motor yang masih tertimbun dan membersihkan reruntuhan tanah,” kata Budiono.

Dia mengatakan rumah yang tertimbun tanah longsor tersebut dihuni oleh lima orang. Namun tiga orang lainnya berhasil menyelamatkan diri, yaitu Soirin (58), Misman (29) dan Musiyem (70).

Menurut Budiono, di wilayah Kecamatan Sawoo dan sekitarnya terjadi hujan deras sejak siang hingga sore. Setelah hujan reda, tanah labil dengan kemiringan sekitar 45 derajat di belakang rumah Soirin longsor dan menimbun rumah.

“Hujan turun dengan intensitas tinggi mulai siang hingga sore. Setelah reda, kebun jagung yang berada di belakang rumah seluas sekitar 300 meter persegi dengan kemiringan sekitar 45 derajat longsor dan menimbun rumah Soirin,” jelasnya.

Selain kemiringan ekstrem, lanjut Budiono, tanah di belakang rumah Soirin juga tidak terdapat pohon tanaman keras penguat tanah. 

Antara News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>