Mendagri, Panglima TNI dan Kapolri Pantau Keamanan Natal

Suasana di Gereja Katedral Jakarta. Nampak Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (Bicara di mimbar) Berdiri di Barisan Belakang Panglima TNI Hadi, Kapolri Tito Karnavian dan Mendagri Tjahjo Kumolo

Suasana di Gereja Katedral Jakarta. Nampak Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo (Bicara di mimbar) Berdiri di Barisan Belakang Panglima TNI Hadi, Kapolri Tito Karnavian dan Mendagri Tjahjo Kumolo


JURNAL123, JAKARTA.
Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengunjungi tiga gereja di Jakarta. Kunjungan itu dalam rangka memastikan pengamanan malam Natal pada Minggu, 24 Desember 2017, berjalan dengan lancar.

Tito, Hadi, dan Tjahjo berangkat dari Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Jakarta Selatan, pukul 19.30 menuju Gereja HKBP Menteng, Jakarta Pusat. Mereka juga didampingi Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Idham Azis. Di sana, mereka disambut pengurus gereja dan meninjau keamanan sekitar.

Gereja berikutnya yang dikunjungi adalah Gereja Immanuel di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Sama seperti kegiatan sebelumnya, mereka juga meninjau keamanan di sekitar Gereja Immanuel.

Terakhir, Tito, Hadi, dan Tjahjo menyambangi Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Mereka tiba pukul 20.44 dengan pengawalan ketat dari kepolisian dan TNI. Ketiga petinggi itu segera disambut Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo. Ignatius menyambut keempatnya setelah memimpin misa malam Natal di Gereja Katedral pukul 20.00.

Setibanya di dalam Gereja Katedral, Tjahjo memberikan pidato mewakili Tito dan Hadi. Dalam pidatonya, Tjahjo memastikan kepada para jemaat bahwa pengamanan malam Natal berjalan lancar. “Atas nama pemerintah, Kementerian Dalam Negeri, Kapolri, dan Panglima TNI beserta jajarannya hingga yang terbawah, menyampaikan selamat hari Natal,” kata Tjahjo di hadapan jemaat.

Setelah berpidato, Tito dan Hadi juga menyampaikan kepada wartawan bahwa pengamanan malam Natal berjalan aman dan lancar. “Kunjungan ini sebagai pesan simbolis bahwa kegiatan ibadah Natal di malam ini berjalan lancar,” kata Tito kepada wartawan. Setelah menjelaskan perihal kunjungannya, ketiga petinggi itu meninggalkan Gereja Katedral sekitar pukul 21.15.(TEM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>