Kereta Bandara Soekarno Hatta ‘Soft Launching’ Hari Ini

Kereta Bandara Mulai Beroperasi 1 Januari 2018

Kereta Bandara Mulai Beroperasi 1 Januari 2018


JURNAL123, JAKARTA.
Hari ini Kereta Bandara Soekarno-Hatta akan dibuka untuk umum dalam rangka uji coba untuk publik. Kereta ini baru akan beroperasi secara penuh pada 1 Januari 2018.

“KA Bandara Soekarno-Hatta telah bisa digunakan oleh masyarakat umum sebagai uji coba berbayar mulai tanggal 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018” kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dalam keterangan tertulis, Senin (25/12/2017).

Pada tahap awal uji coba operasional 26 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018 diberlakukan tarif promosi Rp 30.000. Sedangkan mulai tanggal 2 Januari 2018 rencananya akan diterapkan tarif Rp 70.000.

Pada tahap awal operasional PT Railink baru melayani naik turun penumpang di tiga stasiun yaitu, Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper,dan Stasiun soekarno- Hatta.

Untuk sementara waktu pada tahap awal pengoperasian KA BSH, belum dilayani naik turun penumpang di Manggarai karena masih dalam proses pembangunan peron dan jalur KA Bandara oleh Satuan Kerja Proyek DDT DJKA Kemenhub.

Sedangkan untuk pembelian tiket dapat dilakukan melalui mobile aplikasi dan vending machine. Lalu untuk pembelian melalui mobile aplikasi, penumpang dapat download aplikasi di Play Store

Proyek pembangunan KA Bandara Soekarno-Hatta sendiri melibatkan 3 pihak yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero),PT Angkasa Pura II (Persero), dan PT Railink.

PT KAI membangun prasarana untuk menunjang pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta meliputi track baru sepanjang 12,1 KM dari Batuceper sampai bandara lengkap dengan jaringan LAA-persinyalan dan telekomunikasi KA, stasiun (Sudirmanbaru, Duri, Batuceper), gardu induk LAA, dan dipo pemeliharaan KRL Railink

PT AP II membangun stasiun di Bandara dan konektivitas ke APMS Skytrain untuk menghubungkan stasiun bandara menuju seluruh terminal keberangkatan penerbangan.

PT Railink yang bertindak sebagai operator KA Bandara melakukan pengadaan sarana,interior stasiun, SDM dan pendukungnya.

Investasi sarana dilakukan oleh PT Railink dengan membeli electric multiple unit (EMU) atau Kereta Rel Listrik (KRL) baru dari Konsorsium Bombardier Transportation Swedia dan PT INKA sebanyak 10 trainset KRL (6 car per trainset) dengan kapasitas 272 penumpang pada setiap trainset.

Pada awal operasional KA Bandara Soekarno Hatta akan melayani 42 perjalanan pada pukul 03:40 – 21:40 rute Sudirman Baru (BNI City) s.d. Soekarno-Hatta dan 06:10 – 23:10 rute Soekarno-Hatta s.d. Sudirman Baru (BNI City). Untuk informasi lebih lengkap terkait jadwal perjalanan dapat di akses di www.railink.co.id atau @kabandara. (DEN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *