Jalan Yang Menghubungkan Jawa Dari Merak Hingga Banyuwangi Selesai 2019

Presiden Joko Widodo Saat Meninjau Proyek

Presiden Joko Widodo Saat Meninjau Proyek


JURNAL123, SURABAYA.
Pemerintah akan menyambungkan ujung Jawa Barat dengan Timur lewat jalan tol. Nantinya, Merak dan Banyuwangi akan tersambung jalan tol sepanjang 1.167 km.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Merak hingga Banyuwangi harus sudah bisa tersambung dengan jalan tol pada akhir 2019. Jokowi menegaskan tak ada alasan untuk menunda. 

“Saya sudah kejar jalan tol Merak sampai Banyuwangi 1.167 km setiap hari, agar pada akhir 2019 tanpa alasan harus selesai. Jangan ada alasan ‘Pak pembebasannya belum beres’. Ndak (enggak boleh ada alasan),” ujar Jokowi saat meresmikan pengoperasian tol Surabaya-Mojokerto, di Surabaya, Selasa (19/12/2017). 

Merak hingga Banyuwangi akan tersambung beberapa ruas jalan tol. Ada sejumlah jalan tol yang sudah beroperasi ada juga yang masih dalam proses pembangunan.

Merak menuju Jakarta sudah tersambung jalan tol Jakarta-Merak, kemudian tersambung tol Jakarta-Cikampek. Dari Cikampek, masuk ke tol Cikopo-Palimanan yang merupakan satu kesatuan tol Trans Jawa yang terbagi menjadi beberapa ruas. Trans Jawa akan berujung di Surabaya. Kemudian, Surabaya akan tersambung dengan Banyuwangi lewat tol.

“Yang sudah beroperasi sekarang 561 km, memang masih separuh. Dalam tahapan konstruksi 433 km (ruas baru Trans Jawa yang sedang dibangun),” imbuhnya.

“Ternyata yang paling banyak (jalan tol baru yang sedang dibangun) di Jatim 268 km (dari 433 km). Dalam tahap persiapan masih 171 km. Tetapi dalam hitung-hitungan kita di 1167 km di akhir 2019 Insya Allah telah selesai,” sambungnya.

Jokowi menambahkan, di saat bersamaan juga pemerintah mengebut proyek jalan tol di luar Jawa, salah satunya Trans Sumatera.

“Yang juga sudah dimulai misalnya tol Trans Sumatera, di lampung sudah bergerak, di Palembang sudah bergerak, di Medan sekitarnya sudah bergerak, tahun depan di ujung barat Aceh. Memang pembangunan infrastruktur itu kejar-kejaran,” kata Jokowi.(DEN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *