Pewaris Tahta Keempat Kerajaan Inggris Bakal Menikahi Janda Amerika

Harry bertemu Meghan di London pada Juli 2016

Harry bertemu Meghan di London pada Juli 2016

JURNAL123, LONDON.
Pangeran Harry mengatakan ia dan Meghan Markle jatuh cinta “sangat cepat” dan bahwa aktris Amerika Serikat itu tak sabar mengatakan “ya” saat dilamar.

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan hal itu setelah mengumumkan pertunangan mereka dan rencana pernikahan pada musim semi 2018.

Dalam wawancara dengan wartawan BBC Mishal Husain Senin (27/11) malam waktu Inggris, Harry mengatakan Markle “yang cantik tersandung dan jatuh ke dalam kehidupan saya.” Lamaran dilakukan pada bulan ini dan Meghan tak sabar menerima lamaran.

Pangeran Harry, yang kini berada di garis pewaris tahta keempat, mengatakan, “Dia bahkan tak menunggu saya selesai. Dia bilang, “Saya boleh bilang ya.”

“Saya tak menunggu kamu selesai melamar, saya bilang, boleh saya bilang ya sekarang?” kata Markle.

Cincin pertunangan dirancang oleh Harry sendiri dengan dua berlian milik ibunya, dan berlian itu berasal dari Botswana, tempat keduanya berkemah selama lima hari beberapa minggu setelah bertemu.

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah pada musim semi 2018, dan ahli waris kelima tahta kerajaan Inggris ini mengatakan ia merasa aktris Amerika itu adalah pilihannya sejak pertama bertemu.

Kedua pasangan ini berpose di luar Istana Kensington, dan Pangeran Harry mengatakan ia “sangat bahagia” dan bahwa lamarannya romantis.

Saat ditanya wartawan kapan ia tahu bahwa Markle adalah “calon pasangan hidupnya”, Harry mengatakan, “Sejak pertama kami bertemu.”

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip “gembira” atas pengumuman pertunangan ini dan mengucapkan”semoga pasangan ini berbagia,” demikian cuitan keluarga Kerajaan Inggris melalui Twitter.

Setelah menikah, keduanya akan tinggal di Nottingham Cottage, bagian dari Istana Kensington, tulis Clarence House, kediaman resmi Pangeran Charles, ayah Harry.

September lalu, dalam wawancara pertama tentang Pangeran Harry, Markle mengatakan kepada majalah Vanity Fair, “Kami adalah dua orang yang sangat bahagia dan tengah jatuh cinta.”

Ia mengatakan mereka menikmati waktu “khusus” bersama dan bahwa “Saya yakin akan ada waktu saat kami harus maju bersama dan memiliki cerita untuk disampaikan dan saya harap orang mengerti bahwa ini adalah waktu untuk kami.”

“Ini untuk kami. Ini adalah bagian dari sesuatu yang sangat khusus, inilah waktu kami. Kami sangat bahagia. Secara pribadi, saya suka kisah cinta hebat,” kata Markle saat itu.

Harry sendiri bertugas di militer selama 10 tahun dan menjadi anggota keluarga kerajaan pertama dalam 25 tahun yang bertugas di zona perang. Karier militernya berakhir pada 2015.

Rekan baik Meghan, Markus Anderson, dilaporkan mengenalkan keduanya pada Juli 2016 di London. Pada bulan pertengahan November ini, Meghan terlihat tengah belanja di daerah Kensington, London, laporan yang menimbulkan perkiraan dia tinggal di Nottingham Cottage, Istana Kensington, tempat Harry tinggal.

Namun baru beberapa bulan kemudian setelah bertemu di London, media dapat berita tentang percintaan ini.

The Sunday Express adalah surat kabar pertama yang mengungkapkan bahwa aktris berusia 36 tahun itu adalah pacar Pangeran Harry dalam berita utama Oktober tahun lalu.

Setelah berita itu muncul, pasangan ini datang ke pesta Halloween dan Pangeran Harry dilaporkan pakai topeng dan pergi dari rumah ke rumah untuk minta permen atau trick-or-treat.

Markle yang memerankan Rachel Zane di film drama AS, Suits, besar di Los Anges namun kini tinggal di Toronto.

Wartawan BBC urusan kerajaan Daniela Relph mengatakan pertunangan Harry dan Markle bukanlah sesuatu yang biasa.

“Meghan Markle membawa sesuatu yang berbeda ke keluarga Kerajaan Inggris. Dia orang Amerika, janda yang bercerai, aktris dan berasal dari ras campuran,” tulis Relph.

“Dia juga adalah giat kampanye terkait kemanusiaan dan tidak ingin pernikahannya membatasi diri untuk berbicara dan mendukung berbagai hal, khususnya terkait persamaan gender.

Gelar ningrat Meghan: Yang Mulia, Putri Henry dari Wales

Begitu Pangeran Harry dan Markle dinyatakan sebagai suami istri, dia tidak secara otomatis bergelar Putri Meghan, karena ia tidak berdarah bangsawan.

Namun ia akan menggunakan nama suaminya. Jadi Meghan akan secara otomatis bergelar Her Royal Highness, Princess Henry of Wales, Yang Mulia, Putri Henry dari Wales.

Kakak Ratu Elizabeth, Margaret mendapat gelar Putri Margaret dan juga putri Ratu, Putri Anne serta cucu-cucunya Putri Beatrice dan Putri Eugenie, anak Pangeran Andrew.

Anak Pangeran William juga bergelar putri, Putri Chartlotte, karena semuanya berdarah bangsawan. Namun ibu Charlotte, Kate Middleton, tak bergelar putri.

Ibu Harry, Lady Diana Spencer juga secara resmi tak bergelar Putri Diana. Ia bergelar Putri Wales dan setelah bercerai dengan Pangeran Charles ia tetap bergelar Putri Wales.

Komentar berbau rasis dan seksis

Pada bulan November lalu, setelah secara resmi mengumumkan pacaran dengan Markle, Harry mengecam media terkait pemberitaan soal artis Amerika itu.

Ia menyebut pemberitaan di media nasional Inggris sebagai “corengan” serta komentar-komentar di media sosial yang berbau “rasis dan seksis.”

Pernyataan Harry lewat Istana Kensington pada November 2016 menyebutkan “Pacarnya, Meghan Markle menjadi sasaran gelombang cacian dan gangguan… komentar yang berbau rasis, serta komentar di media sosial dan artikel yang bernuansa seksis dan rasisme… bombardir hampir semua teman, teman kerja dan orang-orang dalam hidupnya.”

Pangeran Harry saat itu mengatakan khawatir atas keamanan Meghan dan “sangat kecewa” karena tidak dapat melindunginya.

Redaktur OK! Online Kelby McNally mengatakan pernyataan Harry saat itu merupakan “Bukti bahwa generasi muda kerajaan tak lagi bersifat dingin seperti dulu.”

Wartawan urusan kerajaan Daily Mirror, Victoria Murphy, mengatakan pernaytaan itu menunjukkan “keinginan kuat Harry untuk melindunginya.”

Sementara kakak Harry, Pangeran William mengatakan “mengerti situasi menyangkut privasi dan mendukung perlunya Pangeran Harry untuk mendukung semua yang paling dekat dengannya.”

Soal Janda, Ras dan Anjing

Robert Hardman, wartawan Daily Mail yang menulis buku tentang Rat, mengatakan janda cerai tak lagi masalah bagi keluarga kerajaan. Markle menikah dengan Trevor Engelson pada 2011 dan bercerai dua tahun kemudian.

Hardman mengatakan kepada BBC, “Saya rasa tak masalah. Dulu mungkin jadi masalah… Namun kehidupan berubah. Anda tahu Pangeran Wales (Charles) menikah dengan Duchess of Cornwall (Camilla) pada 2005 (setelah keduanya juga bercerai), dan kita hidup di zaman yang berbeda sekarang.”

Stephen Bates, mantan wartawan kerajaan di Guardian mengatakan kepada BBC bahwa Markle yang berdaerah campuran bukan masalah bagi publik Inggris.

“Tidak begitu jelas apakah anggota keluarga kerajaan pernah menikah dengan mereka dari ras campuran. Saya rasa penduduk di negara ini, jelas sangat nyaman dengan isu itu dewasa ini,” katanya.

Tabloid-tabloid di Inggris melaporkan dua minggu lalu bahwa Markle merencanakan pindah ke Inggris dengan membawa anjing-anjingnya.

Akun Instagramnya tak banyak diperbarui namun banyak memuat anjing-anjingnya, Guy dan Bogart.(BBC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>