Paus Tegur Uskup Yang Main Ponsel Saat Misa

 FILIPPO MONTEFORTE / AFP Paus Fransiskus saat pertemuan mingguan di Alun-alun Santo Petrus, Rabu (8/11/2017).


FILIPPO MONTEFORTE / AFP
Paus Fransiskus saat pertemuan mingguan di Alun-alun Santo Petrus, Rabu (8/11/2017).

JURNAL123, VATIKAN.
Paus Fransiskus mengungkap kritikannya akan penggunaan telepon genggam yang dinilai kadang sudah sangat berlebihan dan melampaui batas.

Dalam kesempatan misa di Alun-alun Santo Petrus, Rabu (8/11/2017), Paus mengajak beberapa uskup, pastor dan umat untuk khusyuk berdoa dan bukan mengambil kesempatan untuk berfoto.

“Pada saat pendeta yang memimpin ibadah mengatakan ‘angkat hati kita’ bukan berarti ‘angkat telepon genggam kita’ dan mulai mengambil foto,” kata Paus mengkritik orang-orang yang hadir di Alun-alun Santo Petrus.

“Sangat menyedihkan saat saya merayakan misa dan melihat banyak ponsel yang diangkat. Tidak hanya oleh para umat, tapi juga para pastor dan uskup. Tolonglah!” tambah Paus dikutip AFP.

Paus asal Argentina yang telah berusia 80 tahun itu memang tidak asing dengan media sosial, terutama Twitter, yang akunnya telah memiliki hingga lebih dari 14 juta pengikut.

Paus Fransiskus juga kerap melakukan swafoto bersama dengan para umat muda yang antusias.

Meski begitu, Paus Fransiskus sebenarnya sangat menentang telepon genggam.

Pada bulan Februari, Paus pernah menyuruh kaum muda untuk meletakkan telepon genggam mereka saat makan malam bersama keluarga.

Paus mengingatkan, tidak adanya lagi percakapan langsung saat tatap muka bisa menimbulkan dampak yang mengerikan di masyarakat, bahkan bisa menimbulkan peperangan.

Paus Fransiskus menyebut internet dan media sosial sebagai salah satu ‘hadiah dari Tuhan’, namun hanya jika dipergunakan dengan bijaksana.

Paus pun mencoba membujuk remaja masa kini untuk sesekali menukar ponsel mereka dengan alkitab untuk disimpan dalam saku mereka.(KOM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>