Aprindo Akan Manfaatkan Tol Laut

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey (Foto Dokumen Pribadi RM)

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey (Foto Dokumen Pribadi RM)


JURNAL123, JAKARTA.
Pemerintah yang saat ini sedang meningkatkan potensi laut yang cukup luas, ternyata mendapat respons positif dari kalangan dunia usaha.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Mandey, berharap anggotanya bisa mengakses tol laut. Fasilitas tersebut mampu mengurangi biaya logistik.

Roy menuturkan akses tol laut untuk ritel modern masih belum terbuka. “Kami masih menanyakan ke pemerintah bagaimana caranya mengakses itu,” kata dia di Gedung Bulog, Jakarta, Senin, 27 November 2017. Dia mengaku tak tahu harus meminta kepada siapa.

Menurut Roy, tol laut sangat berpengaruh terhadap harga barang. Biaya distribusi dengan tol laut jauh lebih murah dibandingkan layanan logistik biasa yang kini digunakan Aprindo. “Sekitar 15-20 persen lebih baik harganya kalau pakai tol laut,” kata dia.

Tol laut merupakan program pemerintah untuk mendorong distribusi merata dengan harga terjangkau ke wilayah timur Indonesia. Roy menuturkan program itu sangat dibutuhkan karena distribusi logistik ke timur saat ini masih terkendala.

Dia mencontohkan, di beberapa kota di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Utara ada beberapa produk seperti daging, beras, gula, dan minyak gorengan kemasan sederhana belum lancar didistribusikan.

Dia berharap kerja sama dengan Badan Usaha Logistik (Bulog) bisa membantu memperlancar distribusi logistik ke daerah tersebut. Kerja sama dengan Bulog baru ditandatangani pagi ini dengan Aprindo dan Asparindo.

Kerja sama Aprindo tersebut dibuat untuk memastikan pasokan dan stabilitas harga empat bahan pokok yaitu daging, beras, gula, dan minyak goreng. Bulog bertugas memasok keempat barang itu kepada pedagang ritel modern dan pedagang di pasar tradisional.(TEM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>