Jumat, April 19, 2024
spot_img
BerandaEkonomiPresiden Minta Pemerintah Daerah Percepat Perizinan Pengembang Property

Presiden Minta Pemerintah Daerah Percepat Perizinan Pengembang Property

Presiden Joko Widodo Saat Menghadiri Silatnas Relawan Di Kemayoran (FOTO JURNAL123)
Presiden Joko Widodo Saat Menghadiri Silatnas Relawan Di Kemayoran (FOTO JURNAL123)

JURNAL123, JAKARTA.
Hingga kini masih ada pejabat di daerah kurang pro investasi. Padahal, kegiatan investasi dapat menggairahkan perekonomian yang di dalamnya ada manfaat bagi perluasan lapangan kerja serta otomatus mendorong peningkatan daya beli rakyat.

Karebs itulah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta layanan perizinan untuk perumahan dapat dipercepat di seluruh wilayah nusantara.

“Masalah pertama, perizinan, selalu yang disampaikan ke saya, ‘Pak perizinan’. Urusan ini dari dulu sampai sekarang tidak rampung-rampung. Ini masalah klasik dan sering membuat jengkel para pengembang properti karena mereka ingin cepat dan kita mempersulit seperti ini yang harus dihilangkan,” kata Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Jumat (11/8/17) kemarin.

Menangi kompetisi

Presiden pun berjanji akan mengecek satu per satu daerah mana yang perizinan perumahannya masih sulit. “Nanti saya langsung saya telepon gubernur, bupati, wali kota-nya. Kita memang harusnya tidak mengurus-urus seperti itu, tapi memang harus kita urus, kalau tidak, tidak rampung-rampun masalah tadi karena kita ini senang membelenggu diri kita sendiri dengan peraturan yang banyak, peraturan perizinann yang ngejlimet, padahal sekarang ini eranya kecepatan,” tegas Persiden, seperti dikutip ‘Antara’.

Presiden mengingatkan, hanya daerah dengan kecepatan memberikan pelayananlah menjadi daerah yang memenangi kompetisi.

“Saya titip semuanya, perda-perda yang meruwetkan itu langsung dihilangin saja, batalkan, tidak usah membuat perda yang banyak, semakin sedikit membuat perda semakin baik,” ungkap Presiden.

Cuma 6,5 jam

Disebut Presiden, dalam paket kebijakan ekonomi ke-13, pemerintah telah memangkas hampir 50 persen total jumlah izin pembangunan rumah atau perumahan.

“Tapi mohon maaf, ini juga masih kurang, baru 50 persen. Potong saja menjadi 10 persen. Izin itu digabung-gabung saja, syarat dijadikan izin, yang banyak seperti itu, benar tidak? Syarat kok jadi izin, itu yang harus dihilangkan. Tolong nanti untuk REI yang masih banyak izinnya, yang belum dipangkas, yang masih memberatkan, tolong diberitahukan kepada saya,” jelas Presiden.

Presiden juga mengapresiasi perizinan perumahan di sejumlah daerah yang hanya butuh 6,5 jam.

“Ini juga perlu kita apresiasi. Saya kira sudah kuno sekali kalau mengurus izin dalam waktu hari, itu sudah kuno, apalagi sampai minggu, lebih kuno lagi, apalagi bulan, sangat kuno sekali. Sudah malu-maluin lah kalau izin sampai berbulan-bulan itu. Sudah tidak zamannya,” tambah Presiden Jokowi.(ANT)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments